Beranda News Lampung Para Tokoh dan Elemen Masyarakat Lampung Menolak Pemulangan Anggota ISIS

Para Tokoh dan Elemen Masyarakat Lampung Menolak Pemulangan Anggota ISIS

1175
BERBAGI
Sekitar 1.000 pejuang ISIS asing termasuk dari Indonesia di antara ribuan pendukung ISIS yang ditahan. (BBC)
Sekitar 1.000 pejuang ISIS asing termasuk dari Indonesia di antara ribuan pendukung ISIS yang ditahan. Foto: AFSHIN ISMAELI/BBC

TERASLAMPUNG.COM — Sejumlah tokoh dan elemen masyarakat Lampung akan mendeklarasikan penolakan pemulangan eks-WNI yang kini menjadi anggota ISIS. Deklarasi akan digelar di Cafe Emerald Bistro Bandarlampung, Jumat, 14 Februari 2020.

Dedi Rohman, salah satu inisiator deklarasi, mengatakan wacana yang dilontarkan Menteri Agama Facrhrul Rozi itu layak ditolak karena hanya merugikan Indonesia.

“Jika mengingat dan melihat hal apa yang telah dilakukan oleh ISIS, wajar saja jika suara penolakan untuk mengembalikan eks simpatisan, kombatan atau apalah namanya begitu nyaring, baik di media sosial maupun media mainstream tanah air belakangan ini,” katanya, Minggu (9/2/2020).

Menurutnya, bekas WNI yang menyatakan keluar dari Indonesia untuk berjuang bersama ISIS bukan lagi WNI, apa lagi mereka membakar paspor ketika akan pergi bergabung dengan ISIS.

“Sebab itu, kami mengajak para tokoh, simpatisan se Provinsi Lampung, untuk menyatakan deklarasi dan penolakan terkait rencana pemulangan eks-WNI yang kini bergabung dengan ISIS,” katanya.

Wacana pemulangan eks-WNI yang kini menjadi anggota ISIS menghangat dalam beberapa hari terakhir setelah Menag melontarkan hal itu ke publik. Menag mengaku rencana itu dilandasi alasan kemanusian. Namun, rencana itu banyak menolakan dari berbagai daerah di Indonesia.

Loading...