Beranda News Nusantara Para Tunanetra Penghuni Wyata Guna Bandung Kembali ke Asrama

Para Tunanetra Penghuni Wyata Guna Bandung Kembali ke Asrama

231
BERBAGI
Para tunanetra penghuni Wyata Guna menggelar konferensi pers, Sabtu 18 Januari 2020. Foto: pikiran-rakyat.com

TERASLAMPUNG.COM — Setelah hampir 5 hari mengungsi di trotoar depan gedung Wyata Guna Bandung, para tunanetra akhirnya bisa kembali ke asramanya pada Sabtu sore, 18 Januari 2020. Mereka bisa kembali ke asrama setelah pada Jumat, 17 Januari 2020, para mahasiswa tunanetra penghuni Wyata Guna bertemu dengan Kemensos.

Perwakilan mahasiswa tunanetra, Elda Fahmi, mengatakan  satu dari lima tuntutan mereka sudah terpenuhi.

Sebelumnya pihak pengungsi dan relawan mengajukan lima tuntutan. Lima tuntutan itu adalah: pemulihan hak 32 pengungsi eks Wyata Guna, menginginkan para siswa disabilitas yang saat ini masih SMA untuk bisa merasakan bangku kuliah, tuntutan terkait status kepantian di seluruh Indonesia, tuntutan terkait status vokasional pendidikan di panti, dan pencabutan Permensos nomor 18 tahun 2018.

“Kami telah melakukan perundingan dengan Kementerian Sosial Republik Indonesia yang diwakili oleh sekertaris Dirjen Rehabilitasi Sosial, Direktur Rehabilitasi Sosial dan Biro Humas Kementrian Sosial,” jelas Elda, Sabtu petang.

Elda menceritakan, dari perundingan dengan pihak Kementerian Sosial, ia dan kawan-kawan tunanetra berhasil meloloskan tuntutan yang pertama.

“Kami berhasil mencapai yang pertama yakni hak-hak dan apapun yang menjadi tugas akan diberikan kepada 32 mahasiswa di sini dengan catatan yang harus diikuti, dipatuhi, dan disepakati,” katanya.

“Yang pertama kami akan difasilitasi langsung melakukan audiensi dengan bapak Menteri Sosial Republik Indonesia. Yang kedua, kami akan difasilitasi melakukan audiensi dengan Dinas Sosial Jawa Barat dengan tujuan menyampaikan aspirasi kami yang sudah dituliskan pada MoU,” ungkap Elda.

Sebelumnya, pihak pengungsi didampingi relawan melakukan perundingan dengan pihak Kemensos yang pada akhirnya menghasilkan keputusan bahwa 32 eks penghuni Wyata Guna bisa kembali ke asrama Wyata Guna dan mendapatkan pelayanan yang sebelumnya dicabut.

Mereka juga dijanjikan akan difasilitasi untuk bertemu dengan Menteri Sosial yang akan diusahakan dalam kurun waktu 3 bulan ke depan.

Pikiran Rakyat

Loading...