Beranda Ruwa Jurai Bandarlampung Pasang Tapping Box di Hotel-Restoran, Pendapatan Pemkot Bandarlampung Naik Hingga Rp3 Miliar...

Pasang Tapping Box di Hotel-Restoran, Pendapatan Pemkot Bandarlampung Naik Hingga Rp3 Miliar per Bulan

596
BERBAGI
Kepala BPPRD Kota Bandarlampung, Yanuardi
Kepala BPPRD Kota Bandarlampung, Yanuardi

TERASLAMPUNG.COM — Pemasangan alat pencatat transaksi (tapping box) di sejumlah restoran, hotel, dan tempat hiburan di Kota Bandarlampung mulai menuai hasil. Pendapatan asli daerah (PAD) Kota Bandarlampung kini naik Rp2,5 hingga Rp 3 miliar per bulan hanya dari hasil pajak restoran, hotel, dan tempat hiburan.

“Sejak adanya tapping box di hotel, restoran dan tempat hiburan pajak daerah naik Rp2,5 sampai Rp3 miliar per bulannya,” kata Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD), Yanuardi, Selasa, 12 Maret 2019.

Menurutnya, jika para pengusaha itu tidak ‘nakal’ pajak daerah dari sektor hiburan, hotel,dan restoran lebih dari Rp3 miliar.

“Sebelum ada tapping box pemasukan ke Pemkot Bandarlampung Rp9 miliar per bulan, sekarang bisa sampai Rp11,5 miliar,” ungkapnya.

Dia mencontohkan Rumah Makan Nasi Uduk Thoha yang berada di Jalan Pangeran Diponegoro dan Bakso Sony di Jl. Rober Wolter Monginsidi yang pernah terpantau melakukan transaksi pembayaran tidak menggunakan tapping box.

“Pak Coki dari KPK (Divisi Pencegahan) pernah duduk selama satu jam duduk di uduk Thoha juga di bakso Sony. Dia melihat ke dua pengusaha itu tidak menggunakan tapping box.”

“Kami langsung mendatangani ke dua rumah makan dan mereka kita minta untuk menandatangani surat untuk tidak mengulangi lagi,” kata Yanuardi.

Sementara itu persoalan dari hotel-hotel juga masih ada, Yanuardi mengungkapkan masih ada hotel yang mengirimkan data yang sudah diolah pihak hotel.

“Hotel-hotel masih ada bandel mereka ada yang mengirimkan data yang diolah mereka (dummi) ada juga yang beralasan servernya di Jakarta. Baru-baru ini 13 pengusaha hotel dikumpulkan oleh KPK dan para pengusaha berjanji akan memberikan data apa adanya,” jelasnya.

“Saya mengimbau masyarakat kalau menerima tagihan dari rumah makan atau hotel dari tapping box, karena pajak daerah itu dikembalikan ke masyarakat untuk infrastruktur, pendidikan dan kesehatan,” tambahnya.

Dandy Ibrahim

Loading...