Beranda Ekbis Bisnis Pasang Tapping Box, Tingkat Hunian Emersia Hotel and Resort Tetap Tinggi

Pasang Tapping Box, Tingkat Hunian Emersia Hotel and Resort Tetap Tinggi

521
BERBAGI
Director of Sales and Marketing (DOSM) Corp Emersia Rafizon Chaniago
Emersia Hotel and Resort

TERASLAMPUNG.COM — Makin menjamurnya hotel-hotel di Kota Bandarlampung membuat kompetisi makin ketat. Namun, bagi Emersia Hotel and Resort,  ketatnya persaingan disikapi tidak dengan melakukan banting harga.

“Kompetisi hotel di sini cukup ketat tapi kami tidak akan pernah melakukan banting harga karena hal itu bisa dipastikan akan merugikan kami sendiri,” jelas Director of Sales and Marketing (DOSM) Corp Emersia Rafizon Chaniago, Kamis 24 Oktober 2019.

Mengatasi kompetisi yang ketat tersebut, Emersia Hotel yang beralamat di Jalan Robert Wolter Monginsidi, Bandarlampung, melakukan inovasi-inovasi. Misalnya dengan menggelar program pesta barbeque dan urban street food.

“Untuk meningkatkan pengunjung kami melakukan inovasi. Setian malam Sabtu, misalnya kami menggelar acara Emersia Barbeque. Kemudian mulai tengah bulan Oktober ini ada urban street food. Konsepnya seperti kafe dengab biaya relatif murah hanya Rp50 ribu. Msakannya dimasak langsung atau live cooking dan sambutan masyarakat cukup bagus. Acara itu kami gelar di halaman hotel,” jelas Rafizon Chaniago yang akrab dipanggil Rafi.

Selain itu, kata Rafi, Emersia Hotel and Resort menjadi tempat favorit untuk pesta perkawinan atau wedding party.

“Keuntungannya hotel kami adalah, kami ada di pusat kota. Selain itu kami juga memiliki lahan parkir yang luas dan bisa untuk 600-an kendaraan. Kami punya ball room yang luas juga, yang mampu menampung 2.000 orang,” katanya.

Menurut Rafi, pada 2019 tingkat hunian hotel milik pengusaha lokal itu  mencapai 73 persen.

Tapping Box

Director of Sales and Marketing (DOSM) Corp Emersia, Rafizon Chaniago
Director of Sales and Marketing (DOSM) Corp Emersia, Rafizon Chaniago

Soal pajak, Rafi mengaku pihaknya patuh pada aturan. Ketika Pemkot Bandarlampung dan KPK menginisiasi pemasangan alat pemantau transaksi pembayaran, manajemen Hotel Emersia langsung menyambutnya.

“Di hotel kami sudah dipasang tapping box  yang dapat dipantau oleh Badan Pengelola Pajak Daerah (BPPRD). Kami sudah hampir satu tahun memasang alat tersebut. Pengunjung tetap ramai. Itu bisa dibuktikan dengan tingkat hunian kami tahun ini mencapai 73 persen.” Katanya.

“Sebelum ada tapping box kami juga tertib dalam membayar pajak daerah berdasarkan dengan jumlah pemasukan kami, alat itu kan fungsinya hanya untuk pengecekan saja,” tambah Rafi.

Menurut Rafi, pemilik Emersia Hotel dan Resort Bandarlampung juga memiliki usaha yang sama di Kota Batusangkar, Sumatera Barat. Bahkan jelas Rafi tahun depan akan diluncurkan sebuah destinasi di Batusangkar.

“Selain di Bandarlampung, owner kami juga memiliki hotel dengan nama yang sama di Batusangkar. Mudah-mudahan tahun depan kami meluncurkan destinasi baru yang kita beri nama Emersia Wonderland di Batusangkar, Sumatera Barat,” pungkasnya.

Dandy Ibrahim