Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Pasar Pagi Kotabumi akan Ditata Ulang, Para Pedagang Segera Direlokasi

Pasar Pagi Kotabumi akan Ditata Ulang, Para Pedagang Segera Direlokasi

79
BERBAGI
Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Lampung Utara, Syahrudin Putra (kiri) saat meninjau Pasar Pagi Kotabumi, Selasa (12/5). Pemkab Lampung Utara berencana menata ulang pasar tersebut untuk keindahan dan kenyamanan para pedagang dan konsumen.

Feaby | Teraslampung.com

Kotabumi–Untuk membenahi dan menata ulang Pasar Pagi Kotabumi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) berencana segera merelokasi para pedagang ikan dan para Pedagang Kaki Lima (PKL) di pasar tersebut.

“Pak Bupati menginginkan pembenahan dan penataan wajah pasar pagi Kotabumi agar terlihat rapi dan tidak kumuh. Karena penataan ini untuk kenyamanan para pelaku pedagang dan konsumen,” kata Kepala Dinas Pengelolaan Pasar, Syahrudin Putra, usai meninjau lokasi pasar, Selasa (12/5).

Kendati demikian, menurut Syahrudin perelokasian para pedagang ini belum akan dilakukan sebelum proses renovasi gedung tingkat yang berada di jantung pasar pagi dan selama ini tidak difungsikan selesai dikerjakan.

“Sebenarnya, kami masih memikirkan tempat yang cocok untuk merelokasi mereka. Tapi sementara ini, gedung tingkat dan kios – kios kosong yang ada di pasar pagi yang jadi pilihan,” urai mantan Kepala Bagian Humas Pemkab Lampura itu.

Syahrudin menargetkan, ‎proses relokasi tersebut paling lambat akan dilakukan tahun ini juga agar program jangka pendek Dinas Pengelolaan Pasar yang merupakan instruksi Bupati Agung Ilmu Mangkungara dalam rangka menciptakan suasana kota yang bersih, tertib, dan indah dapat segera tercapai.

“Pasar pagi dan pasar Dekon Kotabumi merupakan salah satu etalase kota yang penataannya harus dilakukan dengan sungguh-sungguh,” papar dia.

Bapak dua anak ini mengatakan pihaknya memilih pendekatan persuasif dalam wacana relokasi para pedagang yang akan dilakukan. Hal inilah yang mendasari pihaknya meninjau langsung lokasi pasar pagi Kotabumi agar dapat menyerap keluhan dan keinginan para pedagang khususnya terkait relokasi.

“Kunjungan ini adalah salah satu langkah awal dalam pembenahan dan penataan wajah pasar yang berada di jantung kota,” tuturnya.