Pasar Saham Sambut Positif Pencapresan Jokowi

  • Bagikan
Jokowi (dok kompasiana)

Bambang Satriaji/Teraslampung.com

Jakarta—Keputusan Ketua DPP PDIP memberikan mandat kepada Jokowi untuk menjadi Capres PDI Perjuangan tidak hanya disambut gembira para caleg PDIP yang berharap suaranya dalam pemilu legislatif akan terkatrol. Pencapresan Jokowi oleh PDIP juga disambut positif oleh pasar.

Begitu Jokowi dicapreskan oleh PDIP, indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia menjelang penutupan Jumat sore melonjak signifikan. Padaha,  sebelum pengumuman capres, indeks perdagangan tengah tenggelam terus di zona merah. Saham yang menguat itu antara lain pada BMRI Rp 9.575, BBRI Rp 9.575, BBCA Rp 10.775, SMGR Rp 15.450 dan BBNI Rp 4.985.

Pukul  15.18, IHSG mulai meronta ke luar dari keterpurukan di zona merah dan menguat signifikan 0,73 persen atau 34,84 poin di posisi 4.761. Bahkan di luar kelaziman menjelang penutupan akhir pekan, kegiatan pasar juga langsung bergairah. Terbukti nilai perdagangan cukup besar hingga Rp 11 triliun dengan volume 5,96 miliar lot saham.
 
Bersama kenaikan IHSG,  22 purnawirawan jendral  TNI dan Polri pun langsung menggelar konferensi pers mengapresiasi keputusan Megawati.  Luhut B Pandjaitan, selaku juru bicara kelompok jendral ini menyatakan terima kasih dan salut setinggi-tingginya kepada Megawati Soekarnoputri.

Dari 22 purnawirawan jendral di antaranya,  Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar;  Jenderal TNI (Purn) Subagio HS;  Letjend  TNI (Purn) Fachrul Razi; Letjen TNI (Purn) Yunus Yosfiah; Letjen TNI (Purn) Johny Lumintang;  Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo; Mayjen TNI (Purn) Syamsir Siregar;  Laksda (Purn) Handoko;  Irjen Pol (Purn) Bibit Samad Rianto;  Marsda (Purn) Sonny Rinjani ; Letjen TNI (Purn) Sintong Pandjaitan.

“Keputusan yang diambil Ibu Megawati benar-benar sebuah keputusan yang luar biasa. Di tengah-tengah kerinduan rakyat akan hadirnya pemimpin yang mau mendahulukan kepentingan bangsa, Ibu Mega telah memberi kesegaran dengan memberi mandat kepada Ir.Joko Widodo,” kata Luhut saat konferensi pers di Wisma Bakrie, Kuningan, Jakarta, Jumat (14/3/2014).

Luhut menilai Mega telah membuat keputusan bersejarah yang memberi warna baru masa depan dunia kepemimpinan Indonesia. Pemberian mandat kepada Jokowi itu wujud dari keinginan rakyat untuk memiliki pemimpin yang mampu membawa Indonesia ke masa kejayaan.  Luhut yakin Jokowi tidak akan menyia-nyiakan amanat yang diberikan PDI Perjuangan kepadanya.
 
Luhut, selaku Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar mengaku tidak merasa terancam oleh pencapresan Jokowi. Pengusaha tambang ini justru senang Jokowi bisa bersaing dengan Aburizal Bakrie. “Saya pribadi mempunyai dua teman yang masing-masing maju menjadi capres, yaitu Pak Aburizal Bakrie dan Pak Jokowi. Saya berpesan siapapun yang terpilih adalah calon yang capable dalam memimpin bangsa ini,” jelas Luhut.

Sumber: nefosnews.com

Baca juga: Pasar Saham Sambut Positif Pencapresan Jokowi
Baca juga: Mbak Mega Tetap yang Terkuat
Baca juga: Kata Survei INES Jokowi Keok

  • Bagikan