Pasca-Liburan Tahun Baru, Wisatawan Tinggalkan Sampah di Pantai Pangandaran

Sampah di Pantai Pangandaran yang disisakan wisatawan (Foto: seputarjabar.com).
Bagikan/Suka/Tweet:

PANGANDARAN, Teraslampung.com – Puncak perayaan malam pergantian tahun di kawasan objek pantai Pangandaran menyisakan tumpukan sampah. Volume sampah meningkat hingga dua kali lipat dari hari biasa.

Media sindikasi teraslampung.com di Bandung, seputarjabar.com, melaporkan kurangnya tingkat kesadaran dari masyarakat dan ketidaktersediaannya tempat sampah yang memadai hingga membuat Pantai Pangandaran kotor karena  para pengunjung membuang sampah sembarangan.

Sampah tersebut didominasi, botol minuman, bungkus makanan serta lembaran tikar plastik yang dijajakan pedagang asong yang dijadikan tempat istirahat untuk menanti pergantian tahun di Pantai Pangandaran.

Kepala Bidang Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman, Kabupaten Pangandaran.  Deni Ramdani, menuturkan bahwa peningkatan volume sampah pengunjung sudah terjadi sepekan sebelum perayaan tahun baru dan terus menerus hingga pesta pergantian tahun itu usai.

“Produksi sampah dipastikan meningkat 100 persen dari biasanya. Volume normalnya sekitar 60 meter kubik. produksi sampah terbanyak terdapat di Pantai Barat Pangandaran dan sepanjang tollgate.” ujarnya.

Selain di kawasan jalur tol, kata  Deni, tumpukan sampah di jalan-jalan protokol. Misalnya i Jalan Merdeka dan Jalan Kidang Pananjung juga mengalami peningkatan drastis.

“Secara keseluruhan volume sampah rata-rata meningkat 2 kali lipat dibandingkan volume sampah pada hari – hari biasa,”katanya/


seputarjabar.com