Beranda News Kesehatan Pascabanjir, Dinkes Lampung Turunkan Tim RHA ke Pesawaran

Pascabanjir, Dinkes Lampung Turunkan Tim RHA ke Pesawaran

281
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung menurunkan Tim Rapid Health Assesment (RHA) ke Kabupaten Pesawaran untuk mengantisipasi penyakit pascamusibah banjir.

Kepala Dinas Kesehatan Lampung dr. Hj. Reihana mengatakan

“Tim RHA bertugas menilai tanggap darurat dan mitigasi gangguan kesehatan pasca bencana. TIm ini terdiri dari dokter, apoteker, perawat, bidan, sanitarian, dan ahli gizi. Tugas tim itu melakukan penilaian masalah kesehatan lingkungan serta menyerahkan bantuan obat-obatan, kaporit dan Hygine Kit,” kata Reihana, Sabtu (25/2/2017).

Reihana mengaku dirinya sudah meminta anak buahnyaberkoordinasi dengan kabupaten/kota yang sedang tertimpa bencana alam.

Hingga saat ini, menurut Juru Bicara Dinas Kesehatan Provinsi Provinsi Lampung, dr Asih Hendrastuti, bantuan logistik kesehatan telah diberikan kepada korban bencana di Bandarlampung berupa larvasida dan di Kabupaten Pesawaran berupa obat-obatan, kaporit dan Hygiene Kit.

Tim berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran terkait potensi jenis penyakit yang timbul, estimasi jumlah penduduk yang mengalami gangguan kesehatan, estimasi jumlah bayi dan balita yang memerlukan bantuan.