Beranda Virus Corona Pasien Covid-19 di Lampung Utara Tambah Satu Orang, Ini Riwayat Perjalanannya

Pasien Covid-19 di Lampung Utara Tambah Satu Orang, Ini Riwayat Perjalanannya

2151
BERBAGI
Ilustrasi virus corona

Feaby Handana | Teraslampung.com

Kotabumi–Setelah sempat tiga pekan tidak ada penambahan kasus positif COVID-19, Tim Gugus ‎Percepatan Penanganan Covid-19 Lampung Utara kembali merilis  penambahan satu pasien positif Covid-19.

“P dinyatakan positif terkena Covid-19 berdasarkan hasil tes swab kedua pada 13 Juli kemarin,” kata Ketua Sekretariat Posko ‎Percepatan Penanganan Covid-19 Lampung Utara, Sanny Lumi, Rabu (15/7/2020).

Informasi mengenai satus P didapat dari Dinas Kesehatan Lampung pada Selasa (14/7/2020). Kala itu, pihak Dinkes Lampung memberitahukan bahwa ada warga Lampung Utara yang hasil tes swab-nya positif Covid-19. Warga yang berinisial P itu tercatat beralamat di Kecamatan Kotabumi Selatan.

“Status P diketahui berkat informasi dari pihak Dinkes Lampung,” jelasnya.

Meskipun memiliki KTP Lampung Utara, P selama ini tinggal di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan. Hal itu karena ia bekerja di sebuah perusahaan perkebunan di OKI.

Sebelum dinyatakan positif Covid-19, P memiliki riwayat perjalanan ke Jakarta. P ke Jakarta untuk keperluan dinas sejak 7 Juni 2020.

Sebelum berangkat ke Jakarta, P sempat tinggal di kediamannya di Kotabumi Selatan sejak tanggal 12 April 2020. Kepulangan P ke rumah karena mendapatkan cuti pada masa pandemi Covid-19.

Atas arahan pihak perusahaan, P diminta melakukan rapid test ‎sebelum ke Jakarta. Ia pun melakukan rapid test di kota Metro pada 6 Juni lalu. Hasilnya, nonreaktif.

Usai rapid test, P kemudian diketahui bermalam di sebuah hotel di Bandarlampung. Lalu, pada tanggal 7 Juni 2020, P berangkat ke Jakarta.

Selanjutnya, pada 9 Juli 2020‎, P berniat kembali ke tempatnya bekerja di OKI. P berangkat melalui dermaga Pidada, Mesuji. Di lokasi itu, P menjalani rapid test. Hasilnya ternyata reaktif.

Pihak perusahaan merujuk P ke RSU Abdul Moeoloek, Bandarlampung untuk mengikuti tes swab. Hasil tes swab pada 11 dan 13 Juli, P dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. P kemudian dirawat di RSUAM Bandarlampung.

Loading...