Beranda Virus Corona Pasien Positif Covid-19 di Lampung Utara Bertambah 2, Satu Meninggal

Pasien Positif Covid-19 di Lampung Utara Bertambah 2, Satu Meninggal

803
BERBAGI
Ketua Sekretariat Posko Tim COVID-19 Lampung Utara, Sanny Lumi
Ketua Sekretariat Posko Tim COVID-19 Lampung Utara, Sanny Lumi

Feaby | Teraslampung.com

KOTABUMI —  Dua warga Lampung Utara kembali dinyatakan positif terpapar COVID-19. Bahkan, satu di antaranya meninggal dunia di Rumah Sakit Abdoel Moelek Bandarlampung, Sabtu (13/6/2020).

Pasien Dalam Pengawasan yang meninggal dunia itu berinisial S dan berjenis kelami laki – laki. Selama ini, ia berdomisili di Palembang, namun masih tercatat sebagai warga Kecamatan Kotabumi‎, Lampung Utara. Sementara, satu warga lainnya yang positif terpapar COVID-19 berinisial ES berjenis kelamin perempuan.

ES tak lain adalah istri dari ZA yang lebih dulu dinyatakan positif. ZA sendiri kini sedang menjalani isolasi di Kompleks Islamic Center Kotabumi. Keduanya tercatat sebagai warga Kecamatan Abung Surakarta.

“Dua warga Lampung kembali dinyatakan positif COVID-19. Satu di antaranya meninggal dunia hari ini dengan inisial S,” jelas Ketua Sekretariat Posko Gugug Tugas COVID-19 Lampung Utara, Sanni Lumi, Sabtu malam (13/6/2020).

S yang dinyatakan sebagai PDP berdomisili di Palembang dan masih tetap memegang KTP Lampung Utara. Sebelum menjalani perawatan di RSUAM Bandarlampung, S merupakan pasien RS Caritas Palembang.

Oleh pihak keluarga, S kemudian dibawa kembali ke Lampung Utara pada 8 Juni. Namun, S mengalami keluhan sesak napas, batuk, pilek, demam, dan nyeri serta sariawan sehingga dibawa ke RS Handayani Kotabumi pada 10 Juni.

Mengetahui keluhan yang dialami pasien, S kemudian dilakukan rapid test dengan hasil reaktif. Swab test pun langsung dilakukan hari itu juga. Pihak RSH merujuk S ke RSUAM Bandarlampung.

S ditempatkan di ruang isolasi RSUAM. Lalu, pada tanggal 12 Juni, swab test kembali dilakukan kepada S. Hasil swab test yang hari ini dinyatakan S positif COVID-19. Sayangnya, kondisi kesehatan S menurun dan meninggal duni pada hari ini sekitat pukul 13.05 WIB.

“Almarhum S dimakamkan di pemakaman khusus COVID-19 dengan menggunakan protokoler kesehatan,” jelasnya.

Adapun riwayat penularan ES diperkirakan berasal dari suaminya, ZA. ES sempat menjalani rapid test dengan hasil reaktif pada 9 Juni. Disusul dengan swab test pada 10 Juni. Hasilnya, UPTD Labkesda Lampung menyatakan ES positif terpapar COVID-19.

“Hasil swab test dari ES dikeluarkan oleh UPTD Labkesda pada 12 Juni,” kata dia.

Loading...