Beranda Virus Corona Pasien Virus Corona di Lampung Jadi 4 Orang, Ini Riwayat Pasien ke-4

Pasien Virus Corona di Lampung Jadi 4 Orang, Ini Riwayat Pasien ke-4

9435
BERBAGI
Kepala Dinas Kesehatan Lampung, Reihana

TERASLAMPUNG.COM — Kepala Dinas Kesehatan Lampung, Reihana, mengonfirmasi adanya penambahan satu pasien yang dinyatakan positif mengidap virus corona, Jumat (27/3/2020). Dengan begitu, hingga Jumat siang pukul 12.00, jumlah pasien virus corona di Lampung menjadi 4 orang.

Menurut Reihana, data tersebut sudah terkonfirmasi dan sudah dirilis oleh jubir pemerintah untuk penanggulangan virus corona, Achmad Yurianto, di Jakarta, Jumat (27/3/2020).

Reihana mengatakan, pasien nomor 04 atau pasien baru tersebut adalah seorang laki-laki dan kini dirawat di ruang isolasi RSU Abdul Moeloek (RSUAM) Bandarlampung.

“Pasien keempat ini memiliki riwayat baru mengikuti sebuah seminar di Jakarta. Ia warga Bandarlampung, berusia 54 tahun. Sebelumnya ia sudah masuk daftar pasien dalam pengawasan (PDP),” kata Reihana, Jumat petang.

“Beberapa hari lalu ia sudah dirawat di RSUAM,” imbuhnya.

Selain penambahan jumlah pasien positif virus corona, jumlah orang dalam pengawasan (PDP) di Lampung  hingga hari ini ada 14 orang, sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) sampai hari ini ada 431 orang.

Pemerintah mengumumkan ada 153 kasus baru virus corona atau Covid-19 sejak Kamis (26/3) hingga Jumat (27/3) siang pukul 12.00 WIB. Dengan demikian, total sudah ada 1.046 kasus positif Covid-19 di Indonesia. Sementara pasien meninggal dalam 24 jam terakhir ada 9 orang, sehingga jumlah pasien virus corona menjadi 87 orang.

Dari angka tersebut, 46 dinyatakan sembuh, sementara 87 orang meninggal dunia. Tingkat kematian akibat infeksi virus corona di Indonesia per Jumat (27/3) ini sebesar 8,3 persen.

“Terjadi penambahan kasus yang cukup signifikan. Ada 153 kasus baru yang kita dapatkan. Ini gambarkan bahwa masih ada penularan penyakit di tengah masyarakat. Masih ada sumber penyakit dan masih ada kontak dekat,” kata juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, Jumat (27/3/2020).

Yuri mengatakan, sepanjang hari kemarinada tambahan sembilan kematian baru dan 11 pasien baru yang dinyatakan sembuh.

Menurut Yuri, kecenderungan kenaikan pasien memang menunjukkan peningkatan tajam. Hal ini sejalan dengan tes cepat atau rapid test Covid-19 yang dilakukan pemerintah dengan cara menelusuri siapa pun yang pernah kontak langsung dengan pasien positif Covid-19.

Mas Alina Arifin/Zainal Asikin/TIM

Loading...