Paskibraka Lampung Utara akan Ditetapkan sebagai Duta Pancasila

Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby | Teraslampung.com

Kotabumi–Sebagai bentuk apresiasi terhadap kesuksesan pengibaran bendera merah-putih, Pemkab Lampung Utara akan menetapkan para pengibar bendera pusaka/paskibraka sebagai duta Pancasila. Penetapan itu akan dilakukan pada hari lahir Pancasila pada 1 Juni tahun 2024.

“Karena para paskibraka sukses mengibarkan bendera merah-putih dalam upacara peringatan HUT ke-78 RI, pemkab akan memberikan apresiasi pada mereka,” kata Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Lampung Utara, Matsoleh, Kamis (17/8/2023).

Apresiasi yang akan diberikan tersebut berbentuk membawa para paskibraka pergi berlibur ke luar pulau Sumatera. Tak hanya itu, mereka juga akan ditetapkan sebagai duta Pancasila pada peringatan hari lahir Pancasila.

“Nantinya, pada 1 Juni, para paskibraka itu akan ditetapkan sebagai duta Pancasila,” tuturnya.

Matsoleh mengatakan, kebanyakan para paskibraka ini berasal dari SMAN 3 Kotabumi. Meski begitu, anggota paskibraka ini tak melulu dari sana tapi juga berasal dari tiga belas SMA atau sederajat lainnya.

“Ada tiga belas sekolah yang peserta didiknya berhasil terpilih sebagai anggota paskibraka pada tahun ini,” kata dia.

Dalam kesempatan ini, mantan Kepala SMAN 1 Kotabumi tersebut menyampaikan rasa terima kasihnya pada seluruh pihak yang terlibat dalam upacara peringatan HUT ke-78 RI. Sebab, tanpa dukungan dari semua pihak, upacara sakral ini mungkin tak akan berjalan sesuai harapan.

“Terima kasih juga pada pihak keluarga paskibraka yang ikhlas melihat anak-anaknya berlatih di bawah teriknya matahari dan berpisah untuk sementara waktu,” jelasnya.