Beranda News Pemilu 2019 PBB dan PKPI Tidak Lolos, Inilah 14 Parpol Peserta Pemilu 2019

PBB dan PKPI Tidak Lolos, Inilah 14 Parpol Peserta Pemilu 2019

467
BERBAGI
Ketua KPU, Arief Budiman

TERASLAMPUNG.COM — Setelah melalui proses panjang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya memutuskan 14 partai politik yang lulus verifikasi adminidtrasi dan verifikasi faktual sehingga ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2019, Sabtu, 17 Febrruari 208.

Penetaoan 14 parpol yang lolos menjadi peserta Pemilu 2019 itu diwarnai kejutan, yakni dengan lolosnya partai barul, Partai Serikat Indonesia (PSI), serta  gagalnya dua partai lama yakni Partai Bukan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

“Penetapan berdasarkan hasil penelitian administrasi dan rekapitulasi nasional verifikasi faktual secara nasional,” kata Ketua KPU Arief Budiman, saat membuka rapat pleno penetapan peserta Pemilu 2019 di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta, Sabtu (17/2).

Menurut Arief, PBB dinyatakan tidak lolos karena sebaran di Papua Barat kurang dari 75 persen.

“Kesimpulan status PBB secara nasional dinyatakan tidak memenuhi syarat disebabkan Provinsi Papua Barat di Kabupaten Manokwari Selatan tidak memenuhi syarat,” katanya.

Komisioner KPU Hasyim Asyari menjelaskan terkait kesimpulan administrasi. Dimana, untuk PKPI dinyatakan telah melengkapi syarat verifikasi faktual ditingkat pusat dan provinsi. Begitupun status PKPI di tingkat Kabupaten/Kota terkait domisili kantor dan keterwakilan perempuan.

“Namun kepengurusan dan keanggotaan sekurang-kurangnya di 75 persen di Kabupaten/Kota dinyatakan tidak memenuhi syarat,” kata Hasyim. Provinsi yang tidak memenuhi syarat, yakni Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

Selain itu, sebaran kepengurusan sekurang-kurangnya 50 persen dari jumlah kecamatan pada 75 persen jumlah Kabupaten/Kota di 34 provinsi juga dinyatakan tidak memenuhi syarat pada beberapa daerah. “Kesimpulan, status PKPI secara nasional dinyatakan tidak memenuhi syarat,” kata Hasyim.

Berikut ini 14 parpol yang dinyatakan lolos verifikasi sebagai parpol peserta Pemilu 2019:

1. Partai Amanat Nasional
2. Partai Berkarya
3. PDI Perjuangan (PDIP)
4. Partai Demokrat
5. Partai Gerindra
6. Partai Gerakan Perubahan Indonesia
7. Partai Golkar
8. Partai Hanura
9. Partai Keadilan Sejahtera
10. Partai Kebangkitan Bangsa
11. Partai Nasional Demokrat (NasDem)
12. Partai Persatuan Indonesia (PPI)
13. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
14. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

Loading...