Beranda Ruwa Jurai Bandarlampung PDAM Way Rilau Dukung Pembangunan Kolam Pemandian di Sumur Putri

PDAM Way Rilau Dukung Pembangunan Kolam Pemandian di Sumur Putri

239
BERBAGI
Sumur Putri
Sumur Putri (Foto: Teraslampung.com/Dandy Ibrahim)

TERASLAMPUNG.COM — Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Way Rilau Kota Bandarlampung mendukung rencana Walikota Herman HN untuk membuat kolam pemandian di dekat Sumur Putri.

“Kami mendukung rencana tersebut apa lagi tempat itu akan dijadikan tempat wisata, kabarnya di sekitar situ akan ada fasilitas Wi-Fi gratis dan menjadikan tempat itu instagramable,” jelas Kabag Humas dan Layanan PDAM Way Rilau Agung Purnama, Kamis 27 Februari 2020 di area Sumur Putri.

Lebih lanjut Agung menambahkan di sekitar Sumur Putri nampak kumuh dengan banyaknya pepohonan jika tempat itu dijadikan tempat wisata akan menambah tempat bagi anak muda Bandarlampung untuk mengekspresikan dirinya.

“Kalau nanti jadi tempat wisata kan pepohonan dekat Sumur Putri akan dirapihkan, akan dijadikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) saya yakin tempat itu akan menarik buat pengunjung terutama anak muda,” katanya.

Kabag Humas dan Pelayanan PDAM Way Rilau Agung Purnama berharap dengan adanya tempat wisata Sumur Putry yang digagas Walikota. Sumur Putri akan lebih dikenal oleh masyarakat luar.

“Selama ini Sumur Putri dikenal legendanya. Kalau legenda tersebut ditulis ditempat itu akan lebih bagus buat pengetahuan pengunjung, ditambah lagi jika ada kafe-kafe tempat anak muda wajh pasti keren,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Laboratorium PDAM Way Rilau, M. Hafid menjelaskan debit air dari Sumur Putri cukup untuk memenuhi kolam pemandian yang akan dibangun pemkot itu.

“Saya sudah hitung sumber air Sumur Putri cukup untuk kolam pemandian tinggal kemampuan dan kapasitas penyedotan pompa saja,” jelasnya.

Lebih lanjut dia menambahkan air dari Sumur Putri sudah memenuhi standar Permenkes No 416 tahun 2010 tentang kualitas air. Airnya tidak berbau, berwarna serta tidak berasa.

“Air Sumur Putri ini mempunyai Ph atau potensial hidrogen (derajat keasaman) 7,2 sedangkan batas minimalnya 6,5 sampai 8,5 jadi sudah memenuhi standar yang ditetapkan menurut Permenkes,” katanya.

“Untuk suhu 32 drajat Celcius dan tingkat kemeruhan nol. Untuk Total Disolved Solid (TDS) atau yang disebut jumlah endapan air nilainya 155,7mg/liter,” jelas Hafid.

Dia juga mengungkapkan mengapa air Sumur Putri itu hangat karena berada di jalur sumber air hangat satu jalur dengan sumber air di Natar Lampung Selatan.

“Di bawah Sumur Putri itu terdapat jalur sumber air panas yang jalurnya dari Natar,” ungkapnya.

Dandy Ibrahim

Loading...