Beranda Headline PDIP, Sudin, dan Jalan Mulus Ridho Ficardo Menuju Pilgub 2018

PDIP, Sudin, dan Jalan Mulus Ridho Ficardo Menuju Pilgub 2018

13618
BERBAGI

Oyos Saroso H.N.

Sudin dikabarkan dipilih DPP PDIP menjadi Ketua DPD PDIP Lampung. Terpilihnya Sudin merontokkkan harapan Mukhlis Basri yang sejak lama kabarnya sudah digadang-gadang menduduki tampuk pimpinan PDIP Lampung. Tersingkirnya Mukhlis Basri sekaligus meruntuhkan asumsi selama ini yang menyebut Mukhis berpeluang besar akan diusung PDIP sebagai Ketua DPD PDIP Lampung atau calon wakil gubernur bahkan calon gubernur.

Beredarnya kabar dipilihnya Sudin sebagai Ketua DPD PDIP Lampung hampir bersamaan santernya kabar yang menyebutkan bahwa DPP PDIP memilih Ridho Ficardo sebagai calon Gubernur Lampung pada Pilgub 2018. Juga hampir bersamaan dengan isu yang menyebutkan DPP PKS melorot rekomendasi untuk Mustafa dan lebih memilih Ridho Ficardo untuk mendayung dengan perahu PKS mengarungi samudra Pilgub Lampung 2018.

Ditambah dengan kabar yang hampir pasti benar bahwa rekomendasi DPP Partai Gerindra untuk Pilgub Lampung jatuh pada Ridho Ficardo, maka lengkaplah sudah kemenangan Ridho Ficardo pada “babak awal” Pilgub Lampung.

Jika semua kabar itu benar, maka di atas kertas Ridho Ficardo sudah sangat memenuhi syarat untuk maju Pilgub Lampung. Apalagi jika ditambah dukungan dari PPP, PKB, dan Partai Hanura.

Ridho pun akhirnya tinggal memilih siapa yang akan dijadikan pendampung (calon wakil gubernur). Dengan posisi tawar yang  makin, bisa saja Ridho memilih orang di luar partai pengusung. Namun, kejutan bisa saja terjadi. Misalnya, akhirnya Ridho berpasangan dengan Herman HN: Ridho cagub dan Herman HN cawagub. Ini kalau selentingan tentang keputusan DPP itu benar, bahwa DPP PDIP merekomendasikan Ridho Ficardo sebagi calon Gubernur Lampung 2018 – 2023, tetapi ia harus berpasangan dengan Herman HN sebagai calon Wakil Gubernur Lampung.

Hanya menunggu beberapa hari lagi DPP PDIP akan mengumumkan calon yang akan dipilih membawa perahunya pada Pilgub Lampung 2018. Gonjang-ganjing kemungkinan akan kuat menerpa PDIP Lampung. Gonjang-ganjing itu bisa memperkuat PDIP tetapi sekaligus berpeluang merontokkannya.

BACA JUGA: DPP PDIP Pilih Sudin Sebagai Ketua DPD PDIP Lampung