Pedagang di Jl. Bukit Tinggi yang Mau Pindah ke Lantai 2 Pasar Bambu Kuning Dapat Sewa Gratis Tiga Bulan

  • Bagikan
Eskalator di Pasar Bambu Kuning menuju lantai II yang sudah lama mati.
Eskalator di Pasar Bambu Kuning menuju lantai II yang sudah lama mati.

TERASLAMPUNG.COM — Keinginan Pemkot Bandarlampung untuk merelokasi pedagang kaki lima di Jalan Bukit Tinggi disambut baik pengembang Pasar Bambu Kuning dengan memberikan fasilitas tiga bulan sewa gratis.

Menurut karyawan pengembang Pasar Bambu Kuning PT Sanjaya Rejeki Mas, Albiner, pihaknya menyiapkan hingga 100 pedagang di lantai II itu.

“Kami siap menampung 100 pedagang yang akan dapat sewa gratus tiga bulan. Sayangnya, sampai sekarang kami belum dapat data berapa pedagang yang akan di relokasi ke sin,” katanya,  di lantai III Pasar Bambu Kuning, Rabu, 17 November 2021.

Selain itu, pengembang akan memberikan fasilitas berupa gratis sewa bulanan selama tiga bulan bagi pedagang kaki lima yang di relokasi ke lantai II itu.

“Kami berikan gratis sewa toko selama tiga bulan soal tarif bulanan itu variasi kok. Pedagang kewajibannya membayar listrik kebersihan dan keamanan saja,” jelas Albiner.

Di lain pihak, para pedagang yang berada di lantai II di pusat perbelanjaan tertua di Kota Bandarlampung itu menyambut baik jika para pedagang kaki lima itu di relokasi.

“Saya senang sekali kalau mereka mau naik ke sini. Jalanan jadi luas, parkir kendaraan jadi nyaman, dan yang penting lagi di sini (lantai II) makin ramai. Insya Allah pembeli mau naik (ke lantai dua),” ungkap Umi, seorang pedagang pakaian.

Umi sebelumnya adalah pedagang kaki lima di Pasar Bambu Kuning, tepatnya di bawah tangga. Kini dia memiliki toko sendiri di lantai II Pasar Bambu Kuning.

“Saya berharap mereka juga bisa memiliki toko sendiri. Saya tahu para pedagang itu masih baru-baru, kalau berhemat pasti bisa (memiliki toko sendiri),” ujarnya.

Dari pantauan teraslampung.com, di lantai II masih banyak kios atau toko yang kosong hanya 200 pedagang yang berjualan di sana.

Yang perlu segera diperbaiki adalah eskalator atau tangga berjalan yang sudah lama mati. Jika tidak segera diaktifkan pembeli akan segan naik karena tangganya cukup curam.

Dandy Ibrahim

  • Bagikan