Beranda Teras Berita Pedagang Kembang Nikmati Berkah Lebaran

Pedagang Kembang Nikmati Berkah Lebaran

160
BERBAGI

Zainal Asikin/teraslampung.com

Penjual kembang di TPU Panjang, Bandarlampung. (Teraslampung.com/Zaenal Asikin)

BANDAR LAMPUNG –  Sehari jelang Lebaran, tempat pemakaman umum (TPU) Panjang, Bandarlampung,  ramai dikunjungi masyarakat sekitar dan di luar daerah tersebut. Mereka menziarahi makam keluarga maupun sanak saudaranya dengan membersihkan makam, menaburkan bunga, dan membacakan doa.

Banyaknya peziarah tersebut, dimanfaatkan oleh penjual kembang untuk menawarkan kembang beraneka rupa kepada para peziarah untuk ditaburkan di atas makam.

Seorang pedagang kembang untuk ziarah ke makam, Mursiyah mengatakan, sejak kemarin ia berjualan kembang di TPU panjang karena banyak masyarakat yang mulai datang berziarah ke makam dan mudah-mudahan hari ini tidak hujan, biar dagangan kembang ini habis.

“Untuk sebungkus kembang sekar (khusus untuk ziarah kubur) harganya dijual sebesar Rp 5 ribu sampai Rp. 10 ribu per bungkusnya. Alhamdulillah hari ini dagangan saya laris manis, dengan tingkat pendapatan jauh dari hari-hari biasa,” kata Ibu tiga anak ini kepada Teraslampung.com, Minggu (27/7).

Dia menuturkan, setiap menjelang Ramadan maupun Lebaran, pemakaman ini selalu dipadati pengunjung. Dengan bermodalkan sebesar Rp 500.000 untuk membeli kembang ijo (kembang untuk nyekar), ia bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp 3500 ribu hingga Rp 500 ribu secara keseluruhan.

Mursiyah mendapatkan berkah Lebaran. (Teraslampung.com/Zaenal)

Yo alhamdulillah mas, iki berkah riyoyo kanggo keluargaku (Ya alhamdulillah mas, ini berkah Lebaran buat keluargaku), “ tutur Mursyiah.

Menurut Mursiyah, larisnya pedagang kembang ijo ini, dikarenakan banyaknya warga yang datang menyempatkan untuk berkunjung ke makam keluarganya selama mudik lebaran.

“Karena nyekar ini, memang sudah tradisi dan pastinya masih sangat melekat kuat di masyarakat,” ungkapnya.

Dari pantauan Teraslampung.com, di sisi kanan dan kiri jalan depan pintu masuk lokasi makam, selain Mursiyah terdapat juga pedagang kembang lainnya. Bahkan anak-anak dari mereka ikut menjajakan kembang kepada para peziarah yang datang, dan ini juga menjadi berkah Lebaran untuk pedagang kembang lainnya.

Loading...