Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Pejabat Eselon II dan III Pemkab Lampura Ikuti Tes Urine

Pejabat Eselon II dan III Pemkab Lampura Ikuti Tes Urine

180
BERBAGI

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Pemkab Lampung Utara mengadakan tes urine secara mendadak pada para pejabat di lingkungannya, Kamis (10/12/2020). ‎Tes urine ini untuk memastikan apakah para petinggi pemkab itu benar – benar bebas dari pengaruh narkoba.

Pantauan di lokasi sekitar pukul 09.05 WIB, para pejabat yang akan mengikuti tes urine ‎itu dikumpulkan di Aula Tapis kantor Pemkab. Bupati Budi Utomo terlihat memberikan arahan kepada para pejabat tersebut.

Pelaksanaan tes urine ini dilaksanakan atas kerja sama antara pihak pemkab, polres, dan‎ Badan Narkotika Kabupaten Waykanan. Peralatan yang disiapkan di antaranya menyiapkan pintu khusus di depan toilet umum kantor pemkab supaya dapat tertib. Di toilet itulah rencananya para peserta akan diambil urinenya.

“Tes urine ini ditujukan untuk pejabat eselon II dan III,” kata Bupati Budi Utomo.

Menurut Budi Utomo, pelaksanaan tes urine itu juga untuk menjalankan amanat Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika. Adapun tujuan pelaksanaan tes urine untuk memastikan bahwa pejabat Lampung Utara bersih dari pengaruh narkoba.

“Hasil tes urine akan dirahasiakan‎. Mereka yang urinenya positif, akan diberikan pembinaan,” jelasnya.

Langkah tegas baru akan diambilnya manakala pejabat yang urinenya terbukti positif kembali mengulangi kesalahan yang sama. Sanksinya akan merujuk pada aturan yang berlaku.

“Jika nanti masih tidak berubah, pejabat itu akan dijatuhkan sanksi tegas.