Pekan Pertama, Kedislipinan Pegawai Masih Jadi Sorotan Utama Bupati Zainudin Hasan

  • Bagikan

Iwan J Sastra/Teraslampung.com

Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan memberikan pengarahan pada rakor di Pemkab Lamsel, Selasa (23/2/2016).

LAMPUNG SELATAN – Pada pekan pertama Zainudin Hasan resmi menjadi Bupati Lampung Selatan, kedisiplinan  jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan masih menjadi sorotan utama. Zainudin meminta para pegawai di Pemkab Lamsel  selalu mengedepankan kedisiplinan dan kebersihan.

“Disiplin waktu dan kebersihan dilingkungan kerja, merupakan kunci utama untuk meningkatkan kinerja bagi seluruh pegawai di Pemkab Lamsel. Jika pegawainya tidak bisa mendisiplinkan diri dan menjaga kebersihan di tempat kerjanya, bagaimana mau bisa maju pemerintahan di kabupaten ini (Lamsel, red),” ujar Zainudin, saat memimpin rapat koordinasi (rakor) Pemkab Lamsel, di Aula Rajabasa, Kantor Bupati Lampung Selatan, Selasa (23/2).

Menurutnya, dengan membiasakan disiplin waktu dalam bekerja, maka segala urusan pekerjaan akan cepat terselesaikan, tanpa harus menunda pekerjaan hanya karena waktu jam kerja yang terlalu sempit.

“Oleh karena itu, mulai dari sekarang ayo kita semua membiasakan untuk disiplin waktu dalam bekerja, jangan ada lagi yang datang terlambat ke kantor dan tidak standbay di ruangan jika memang sudah berada di kantor, dengan alasan sarapan pagi. Sarapan pagi kan semestinya di rumah bukan di luar, kalaupun takut telat ya dibungkus saja sarapannya dan makanlah di kantor,” ungkapnya.

Terkait dengan masalah kebersihan, Bupati Zainudin pun meminta kepada seluruh kepala SKPD untuk diperhatikan, khususnya kebersihan di ruangan kerja. Sebab menurutnya, dengan kondisi ruang kerja yang bersih dan rapi, maka akan membuat nyaman dan betah para pegawai dalam melaksanakan pekerjaanya.

“Jadwalkan untuk satu hari melakukan gotong royong bersih-bersih ruangan kantor, bila perlu di cat temboknya agar terlihat bersih, perbaiki atau ganti berbagai alat penunjang pekerjaan yang sudah tidak layak pakai. Jika semua itu bisa dilaksanakan, insyaallah seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Lamsel ini akan merasa betah dan nyaman saat melakukan pekerjaan di rungannya,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Zainudin juga meminta kepada seluruh Kepala SKPD di lingkup Pemkab Lamsel, untuk berkata jujur sesuai perkataan. Jangan sampai apa yang diucapkan tidak sesuai dengan kenyataanya.

“Seperti pagi tadi saat saya berkunjung ke RSUD Bob Bazar Kalianda sekitar pukul 07.00 WIB, ternyata Direkturnya belum ada ditempat. Padahal tadi malam saya sempat bertanya kepada Pak Armen selaku Direktur RSUD tersebut, bapak tinggal di Bandar Lampung, jarak tempuh Bandar Lampung-Kalianda memakan waktu berapa lama, lalu beliau menjawab satu jam perjalanan. Artinya, kalau Pak Armen berangkat jam 6, jam 7 sudah pasti sampai di Kalianda, ya jawab beliau. Tapi kenyataannya, saya datang jam 7 beliau belum datang, itu artinya perkataannya tidak sesuai dengan kenyataanya, berkata A jawab nya B. Untuk itu, kedepan sayya tidak mau lagi hal-hal seperti itu terulang lagi,” ucapnya.

Selain itu, Zainudin juga meminta kepada Direktur RSUD Bob Bazar, Kalianda untuk meningkatkan pelayanan kepada pasien. Artinya, para petugas medis harus mengedepankan tindakan dari pada mempertanyakan kelengkapan administrasi pasien.

“Pasien datang ke UGD itu harus segera diberikan tindakan secepatnya, jangan mementingkan masalah administrasi dan terlalu banyak pertanyaan kepada keluaraga pasien, kalau dihambat hanya masalah administrasi atau berbagai persyaratan, nanti pasien bukannya cepat tertolong, melainkan keburu meninggal dunia karena terlalu lama menunggu tindakan dari petugas medis,” terangnya.

“Dan untuk masalah kebersihan rumah sakit, itu juga harus diutamakan, nanti pasien bukannya sembuh malah tambah sakit karena kondisi kebersihan di rumah sakit tidak terjaga. Saya tadi sudah pantau langsung kondisi di RSUD Bob Bazar, Kalianda, dan ternyata masih terlihat sangat jorok. Bahkan, ruangan pun masih terlihat kotor. Jadi, saya minta kepada Direktur RSUD Bob Bazar, Kalianda, agar secepatnya memperbaiki kondisi tersebut. Bila perlu ruangan di cat kembali agar terlihat bersih,” katanya.

  • Bagikan
You cannot copy content of this page