Beranda Pendidikan Pelajar Lampung Tampil di Pekan Budaya Nasional 2019

Pelajar Lampung Tampil di Pekan Budaya Nasional 2019

184
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2019 berakhir. Rangkaian Pekan Kebudayaan Nasional yang sudah dilaksanakan pada 7-13 Oktober 2019, ditutup dengan gelaran Parade Digdaya Nusantara yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (13/10) malam.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy resmi menutup Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2019, menjanjikan bahwa acara itu akan diselenggarakan setiap tahun.

“Mudah-mudahan ini adalah awal kebangkitan kebudayaan nasional kita,” kata Muhadjir dalam pidato penutupan di Istora Senayan, Jakarta pada Sabtu malam.

Berkaca dari keberhasilan PKN 2019, dia mengharapkan bahwa pemerintah daerah akan mengadakan kegiatan serupa di tingkat daerah. “Parade Digdaya Nusantara merupakan wujud dari ruang bersama Indonesia Bahagia,” kata Muhadjir .

Pada malam puncak penutupan PKN tim duta seni pelajar Lampung tak ketinggalan ikut tampil pentas bersama dalam gelaran Parade Digdaya Nusantara.

Pergelaran pertunjukan Parade Digdaya Nusantara denga koreografer Deni Malik ini merupakan pertunjukan kolaboratif yang menampilkan para seniman utusan daerah, seniman dan para pemangku kepentingan yang berpartisipasi. Pertunjukan yang mengusung tagline “Pertunjukan dari Ruang Bersama Indonesia Bahagia” ini mengangkat nuansa lokal dan kontemporer yang menunjukkan digdayanya kekuatan budaya Indonesia.

Gelaran Parade Digdaya Nusantara ini punya pesan yang mendalam, bahwa ; Pada karya seni kita tak hanya bisa melihat keindahan. Tetapi pada karya seni kita bisa melihat imajinasi masa depan. Pada karya seni bisa mendapat pelajaran dari masa lalu. Pada karya seni kita bisa tahu gelombang keheningan. Pada karya seni kita juga bisa tahun endapan kebisingan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Drs. Sulpakar, MM didampingi Kasi Kesenian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan M. Harijayaningrat, S.Sos, MM, mengatakan dalam PKN 2019 ini Lampung mengirim duta seni dari SMK Krida Wisata Bandar Lampung .

Lebih lanjut, dikatakannya, duta seni Lampung tampil dalam Parade Digdaya Nusantara membawakan tarian Papua utuk yang pelajar pria. Sedangkan untuk pelajar wanita membawakan tarian Pakarena. “Saya ikut senang dan bangga para siswa Lampung bisa ikut tampil di gelaran Pekan Kebudayaan Nasional ini,” ujar Sulpakar.

Sementara itu, pendamping Tim dari Disdikbud Lampung, Dra Monalisa menambahkan Tim Kesenian Lampung dari SMK Krida Wisata terdiri dari 10 pelajar terdiri Naftali Jauga Giblatar, Nengah Suryani, Putu Giya Cendani, Wayan May Dwi Lestari, Wayan Tiara, Fransiskus Setianto, GA I Gusti Ngurah, I Gusti Eka Wijaya.M Rizky Adityan, M.Sfifaudin. Tim ini di dampingi, Christin Tri Harini, S.Pd,(Guru Kesenian) Wika Tri Widiyanti dan Dwi Tia Shavera (Pelatih dan Asisten Pelatih).

Rilis