Beranda Seni Seni Rupa Pelukis Tanggamus Nurbaito Siap Berpameran di Yogyakarta

Pelukis Tanggamus Nurbaito Siap Berpameran di Yogyakarta

1058
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM —Pelukis Lampung asal Tanggamus Nurbaito lolos seleksi dalam kurasi pameran Nandur Srawung #4 yang digelar Taman Budaya Yogyakarta.

Nurbaito dengan karyanya bertajuk : Panahan tercatat satu diantara 125 pelukis yang lolos kurasi. Pameran Nandur Srawung akab ditaja di Gedung Pamer, Taman Budaya Yogyakarta, 24 – 31 Oktober 2017 mendatang.

Nurbaito mengatakan dalam ajang seleksi pameran Nandur Srawung #4 ini mengirimkan karya lukisannya bertajuk: Panahan (67cm X 87cm ), Media Pencil –Bolpoint On Canvas, Tahun 2017 . Lewat karya lukis ini Nurbaito ingin mengingatkan bahwa kita banyak warisan budaya yang adiluhung. Nurbaito mencontohkan, wayang kulit maupun wayang orang merupakan salahj satu karya seni budaya adiluhung nusantara.

“Banyak hal yang bisa kita pelajari dan kita teladani dari tokoh Pandawa Lima. Salah satunya kepiawaianya Arjuna dan istrinya Srikandi dalam memanah. Arjuna dan Srikandi juga merupakan pemanah ulung yang pilih tanding,” ujar Nurbaito membeberkan konsep karyanya.

Ketua Sanggar Seni Perupa Tanggamus (Peta) ini mengatakan, Indonesia pernah berjaya di cabang olahraga panahan. Tiga Srikandi panahan Indonesia pernah mengharumkan nama banbgsa di ajang olahraga internasional, Olympiade 1988 di Seoul, Korea Selatan. Srikandi Indonesia Nurfitriana, Kusuma dan Lilies meraih medali pertama untuk Indonesia di cabang panahan. Tetapi mengapa sekarang cabang panahan kehilangan gesahnya. Padahal Keratonb Yogya hingga kini masih tetap menjaga dan melestarikan panahan.

“Lewat karya ini saya ingin mengingatkan kalau Indonesia dulu pernah melesat bak anak panah prestasi di jagat olahraga,” ujar Nurbaito yang bermukim di kaki Gunung Tanggamus, Gisting, kabupaten Tanggamus, mengkritik prestasi dunia olahraga Indonesia yang melempem.

ch christiam heru