Beranda News Berita Foto Pembangunan Jalan Hotmix Tanpa Papan Nama Proyek di Lamteng

Pembangunan Jalan Hotmix Tanpa Papan Nama Proyek di Lamteng

1241
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Banyak warga Lampung Tengah heran: ada proyek jalan hotmix di ruas Kecamatan Kalirejo beberapa sudah dikerjakan tetapi tidak ada papan nama proyek.

“Hotmik ruas jalan provinsi wilayah kecamatan Kalirejo Lamteng. Rekanan tidak di kenal sebab tanpa papan proyek di lokasi hotmix,” tulis Teuku Azhari Gisa, warga Lamteng, di grup Facebook Lampung Community, Sabtu (7/12/2019).

Tidak adanya papan nama proyek layak membuat warga bertanya-tanya. Sebab, aturannya sudah jelas. Antara lain, pertama,  Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 29/PRT/M/2006 tentang Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan Gedung (“Permen PU 29/2006”). Kedua, Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 12/PRT/M/2014 tentang Penyelenggaraan Sistem Drainase Perkotaan (“Permen PU 12/2014”).

Secara teknis, aturan tentang pemasangan papan pengumuman proyek biasanya diatur lebih detail oleh masing-masing provinsi melalui Pergub dan Kabupaten/Kota dengan Perbup atau Peraturan Walikota. Artinya,  jika ada  sebuah proyek yang tidak menyertakan papan pengumuman proyek, sudah jelas menabrak aturan.