Beranda Hukum Teras Kriminal Pembunuhan Istri Mantan Anggota Dewan, Polisi Ragukan Alasan Tersangka Membunuh Korban

Pembunuhan Istri Mantan Anggota Dewan, Polisi Ragukan Alasan Tersangka Membunuh Korban

1128
BERBAGI

Zainal Asikin/teraslampung.com

Darwin dan Yunita Amelia, suami-istri tersangka pembunuh Suryaningsih di Jalan Griya Nusantara, Gunung Agung, Tanjungkarang, Bandarlampung, Senin lalu (30/3). Keduanya ditangkap tiga hari setelah kejadian di dua tempat berbeda. Selain membunuh tantenya sendiri, Yunita dan suaminya juga membawa mobil dan barang-barang berharga dari rumah korban.

BANDARLAMPUNG–Penyidik Polrestas Bandarlampung meragukan keterangan Yunita Amelia, tersangka perampokan dan pembunuh Suryaningsih, warga  Jalan Griya Nusantara, Kelurahan Gunung Agung Tanjungkarang Barat, Bandarlampung pada Senin (30/3). Kepada polisi, Yunita mengaku membunuh korban juga tantenya itu karena sakit hati. Namun, polisi meragukan motif itu karena tindakan Yunita dan Darwin, suaminya, termasuk sadistis.

“Kalau hanya karena sakit hati, masa sampai sesadistis itu? Apalagi, korban bukan orang lain,tetapi masih tantenya sendiri,” kata Kasat Reskrim Polresta Bandarlampung, Kompol Dery Agung Wijaya, Minggu (5/4).

Menurut Dery, setelah dilakukan penangkapan terhadap dua orang tersangka pelaku pembunuhan dan perampokan pasangan suami istri (pasutri), Yunita Amelia alias Nita (28) seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Rumah Sakit Abdoel Muluk (RSUDAM) dan suaminya Darwin, pada Kamis (2/4) lalu sekitar pukul 15.00 WIB. Suami-Istrii Pembunuh Istri Mantan Anggota DPRD Bandarlampung Diringkus Polisi

Dery mengaku pihaknya masih terus mendalaminya, guna mengetahui titik terang kasus pembunuhan tersebut dan melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap kedua pelaku. Menurutnya,  hingga sampai saat ini keterangan dari kedua tersangka Darwin dan Nita masih tidak singkron dan selalu berubah-ubah.

“Dari caranya pelaku bertindak dan motif, ada ketidaksinkronn. Ada beberapa alasan yang kurang dapat dimengerti. Dalam hal ini motif, tersangka mengaku karena merasa sakit hati sehingga merencanakan pembunuhan itu. Apakah hanya motif yang sangat sepele, sehingga pelaku bertindak begitu sadis terhadap korban,”kata Dery. Pembunuh Istri Mantan Anggota Dewan Masih Terhitung Keponakan Korban

Berdasarkan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), kata Dery, pelaku bisa dikatakan sadis dan saat ini kami masih mendalami motifnya. Apakah karena hanya alasan tersebut saja, sehingga tersangka bisa bertindak senekat itu. Selain mendalami motif pembunhan yang dilakukan Darwin dan Yunita, pihaknya juga masih mendalami adanya keterlibatan pelaku lain dalam kasus pembunuhan dan perampokan tersebut.

“Apakah ada penambahan tersangka lain atau tidak, saat ini kami sedang melakukan pemeriksaan secara intensif serta mengumpulkan alat bukti yang ada guna menjadi terangnya pidana tersebut,”ujar Dery.

Pada saat dilakukan penangkapan, sambung Dery, pihaknya mengamankan lima orang. Namun dari kelima orang yang diamankan, setelah dilakukan pemeriksaan yang dilakukan penahanan adalah dua orang yakni tersangka Darwin dan Yunita yang ternyata masih keponakan korban.

“Untuk tiga orang yang diamankan sudah dikembalikan, bahkan hingga saat ini ketiga orang yang diamankan tersebut belum bisa dikatakan merupakan seorang yang tersangka,”jelanya.

Ditambahkannya, saat dilakukan tes urine terhadap tersangka Darwin, hasil tes urine tersebut positif tersangka menggunakan narkoba jenis sabu-sabu pada saat ditangkap dan tersangka juga merupakan sebagai pengguna narkoba.

“Pada saat melakukan pembunuhan terhadap korban Suryaningsih, apakah tersangka menggunakan narkoba atau tidak kami belum bisa memastikan. Namun pada saat dilakukan penangkapan tersangka menggunakan narkoba dan urinenya positif,”tandasnya.