Beranda Hukum Pembunuhan Sadistis, Pekan Depan Tiga Tersangka Pembunuh Dwiki Dilimpahkan ke Kejaksaan

Pembunuhan Sadistis, Pekan Depan Tiga Tersangka Pembunuh Dwiki Dilimpahkan ke Kejaksaan

607
BERBAGI
Krisna, terdakwa pembunnuh siswa SMKN 2 secara sadistis divonis hukuman penjara 10 tahun dalam sidang di PN Tanjungkarang 12 April 2015 lalu.

Zainal Asikin/teraslampung.com

BANDARLAMPUNG -Penyidik Satuan Reserse Kriminal Polresta Bandarlampung menyatakan,berkas perkara tiga tersangka lain pembunuh Dwiki Dwi Sopian (17) pelajar SMKN 2 Bandarlampung, yakni Oka Ramadhan, Febriansyah, dan Deni Kurniawan dinyatakan lengkap (P21). Dengan demikian, berkas perkaranya akan dilimpahkan ke Kejaksaan pekan depan.

“Ya untuk berkas perkara ketiga tersangka, Oka Ramadhan, Febriansyah dan Deni Kurniawan sudah dinyatakan lengkap (P21). Minggu depan (hari Rabu) akan kami limpahkan ke Kejaksaan,”kata Kasat Reskrim Polresta Bandarlampung, Kompol Dery Agung Wijaya, Minggu (24/4/2016).

Menurut Dery, pasal yang disangkakan terhadap para tersangka, Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana, Pasal 338 KUHP tentang penganiayaan, Pasal 170 tentang pengroyokan dan Pasal 80 ayat (3) UU No. 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak.

Perkara pembunuhan Dwiki, polisi menetapkan enam tersangka, di antaraya KRF, IAP, RH, Oka Ramadhan, Febriansyah dan Deni Kurniawan. Dari keenam tersangka, tiga tersangka yakni KRF, IAP dan RH sudah divonis di Pengadilan Negeri Tanjungkarang, pada Selasa (12/4/2016) lalu.

Dalam sidang tersebut, ketiga tersangka divonis berbeda. Tersangka KRF sebagai eksekutor pembunuhan divonis 10 tahun penjara, sementara IAP divonis 9 tahun penjara dan tersangka RH divonis delapan tahun penjara.

Vonis tersebut dinilai keluarga korban dan banyak sebagai tidak adil.

SIMAK: Pembunuh Siswa SMKN 2 Bandarlampung Secara adistis Divonis 10 Tahun, Hakim Dinilai Tidak Adil

Dwiki Dwi Sopian (17) pelajar SMKN 2 Bandarlampung ditemukan tewas dengan 107 luka tusukan ditubuhnya. Jasad Dwiki ditemukan oleh warga disemak-semak di Jalan Raden Imba Kusuma, Kelurahan Sumur Putri, Telukbetung Selatan.

Pembunuhan tersebut, dilakukan tersangka KRF sebagai pelaku utama atau eksekutor yang menusuk Dwiki sampai 107 luka tusukan menggunakan senjata tajam pisau dan pedang. Saat melakukan aksi pembunuhan tersebut, KRF dibantu dengan kelima rekannya.

Tersangka RH berperan yang memberitahukan keberadaan Dwki kepada KRF, lalu IAP berperan yang memberikan pisau kepada KRF dan dipakai untuk menusuk-nusuk Dwiki.

Kemudian tersangka Oka Ramadhan, berperan membekap mulut dan membuang jenazah Dwiki. Tersangka RH dan Febriansyah membuang jenazah korban, Deni Kurniawan memegang tangan Dwiki saat KRF menusuk korban menggunakan senjata tajam.