Beranda News Pelayanan Publik Pemeriksaan Angkutan Mudik, Dishub Lampung Temukan Dua Bus tidak Laik Jalan

Pemeriksaan Angkutan Mudik, Dishub Lampung Temukan Dua Bus tidak Laik Jalan

174
BERBAGI
Petugas Dishub Lampung mengecek ban bus antar kota dalam provinsi (AKDP).

Zainal Asikin|Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG – Dinas Perhubungan (Dishub) Lampung menemukan dua kendaraan angkutan mudik Idul Fitri 2016 tak laik jalan. Hal tersebut diketahui setelah dilakukan pengecekan terhadap kelaikan kendaraan di Terminal Induk Rajabasa, pada Selasa (14/6/2016).

Kasi Tehnik Sarana dan Prasaran Dinas Perhubungan (Dishub) Lampung, Adi Prasetyo, mengatakan untuk mengetahui kelaikan bus yang akan digunakan angkutan lebaran 2016, pihaknya melakukan pemeriksaan kendaraan.

Dalam pemeriksaan ini, kata Adi, ada sekitar tujuh item yang dilakukan pemeriksaan oleh tim dari Dishub Lampung. Di antaranya adalah pemerikasaan terhadap lampu depan dan belakang, sistem kemudi, rem, klakson wifer, alat pemecah kaca, dan pintu darurat.

“Ada puluhan bus yang sudah dilakukan pengecekan. Hasilnya, ada dua bus yang tak laik jalan yang kami temukan,”kata Adi, saat pengecekan kendaraan di Terminal Induk Rajabasa, Bandarlampung, Selasa (14/6/2016).

Menurut Adi Prasetyo, pemeriksaa kendaraan angkutan lebaran ini, dilakukan pada tanggal 13-29 Juni mendatang. Harapannya, pada saat H-7 Lebaran nanti, seluruh kendaraan angkutan mudik Idul Fitri 1437 H sudah selesai diperiksa semua dan layak jalan.

“Bus yang sudah diperiksa dan laik jalan, kami akan ditempeli stiker sebagai tanda kendaraan tersebut siap beroperasi. Sementara yang tidak memenuhi standar, akan dikandangkan,”terangnya.

Menurutnya, saat akan dilakukan pemeriksaan kendaraan, pihaknya sering kucing-kucingan dengan mereka (para sopir).

“Jika ketahuan, ada sanksi tegas yang diberikan yakni dengan mencabut izinnya,” katanya.