Beranda Ruwa Jurai Metro Pemerintah Siapkan Rp 54,27 M Untuk Rehab Jalan Lintas Melalui Kota...

Pemerintah Siapkan Rp 54,27 M Untuk Rehab Jalan Lintas Melalui Kota Metro

152
BERBAGI
Sarasehan pengembangan infrastruktur di Gedung Wanita Metro,Minggu (7/6/2015).

METRO, Teraslampung.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPERA) RI menyiapkan anggaran sebesar Rp 54,27 miliar untuk merehabilitasi jalan lintas melalui Kota Metro, Lampung yang hancur akibat menjadi jalur alternatif angkutan berat pasca rusaknya Jembatan Way Lempuyang di Lampung Tengah.

“Itu antara lain untuk penanganan ruas Tegineneng-Metro sebesar 15,91 miliar rupiah dan rekonstruksi ruas Metro-Gedong Dalem-Sukadana sebesar 26,53 miliar rupiah. Ini baru yang masuk anggaran 2015,” urai Direktur Jendral (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Hendiyanto W. Husaini dalam Sarasehan Nasional tentang Pembangunan Jalan Tol dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Lampung, di Gedung Wanita Metro, Minggu (7/6/2015).

Sedangkan untuk rehabilitasi mayor Jalan AH Nasution, Kota Metro sebesar 11,83 miliar rupiah, lanjut Hendiyanto, direncanakan akan masuk mata anggaran tahun 2016. “Ini belum termasuk penggantian Jembatan Way Lempuyang sendiri sebesar 12,4 miliar rupiah,” terus Hendiyanto.

Sarasehan ini merupakan bagian dari peringatan HUT Kota Metro 7 Juni 2015, kerjasama Anggota Komisi V DPR RI Abdul Hakim dengan Rumah Kreatif Indonesia Hebat (RKIH) Nasional dan Pemerintah Kota Metro. Hadir pula dalam sarasehan yang dimoderatori mantan Kepala Bappeda Pemprov Lampung yang tengah menempuh pendidikan Lemhanas RI, Fahrizal Darminto ini, Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Kementerian PUPERA RI sekaligus mantan Wakil Menteri, Achmad Hermanto Darda dan Wali Kota Metro Lukman Hakim.

Sejak enam bulan terakhir, bus-bus maupun truk dan angkutan bertonase besar melewati jalur lintas Kota Metro mengakibatkan jalan protokol kota yang selama ini selalu mulus rusak parah. Hal ini tentu saja dikeluhkan oleh para pengguna jalan, khususnya warga Metro.

Suwarso, warga asli Metro yang mengikuti sarasehan mengaku sangat senang jika perbaikan jalan yang rusak maupun rencana pembangunan jalan tol jadi direalisasikan.

“Saya sangat senang apabila infrastruktur Lampung, khususnya Metro, dapat diperbaiki. Apalagi jika benar di Tegineneng akan dibangun jalan tol. Tentu ini akan membawa dampak perubahan yang cukup besar” ujarnya. (rls)

Loading...