Beranda Teras Berita Pemerintah Tetapkan 1 Syawal Jatuh Pada 28 Juli

Pemerintah Tetapkan 1 Syawal Jatuh Pada 28 Juli

163
BERBAGI
Menteri Agama Lukman Hakim usai memimpim sidang itsbat, Minggu, 27 Juli 2014. (dok kemenag)

JAKARTA, Teraslampung.com – Sesuai hasil sidang itsbat, Minggu (27/7) malam, Pemerintah melalui Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menetapkan 1 Syawal 1434H jatuh pada hari Senin, 28 Juli 2014M. Ketetapan ini dituangkan dalam Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 130 Tahun 2013 tentang Penetapan Tanggal 1 Syawal 1435 H.

Dalam sidang itsbat tersebut, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Muhtar Ali menyampaikan, dari laporan hasil rukyat Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama yang disebar di 111 titik di seluruh Indonesia, posisi hilal ada pada ketinggian di atas 2 derajat. Bahkan ada beberapa daerah yang di atas 3 derajat.

“Dari laporan pelaksanaan rukyatul hilal yang dilaksanakan di 111 lokasi, dilaporkan bahwa setidaknya ada 9 orang dari 3 ttik yang berbeda, yaitu di Bukit Condrodipo Gresik, Pelabuhan Ratu Sukabumi, dan Kolaka Sulawesi Tenggara. Kesembilan orang ini menyatakan telah melihat hilal,” kata Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifudin kepada wartawan di kantor Kementerian Agama, Jakarta, Minggu (27/7) malam.

Berdasarkan laporan tersebut, kata Menag, peserta sidang itsbat sepakat menetapkan bahwa 1 syawal jatuh esok hari, Senin 28 Juli 2014.

Hadir dalam kesempatan sidang yang langsung dipimpin oleh Menteri Agama itu, Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar, Ketua MUI KH. Din Syamsuddin, Ketua Komisi Fatwa MUI KH. Makruf Amin, Para Duta Besar Negara Sahabat,  para pimpinan Ormas Islam, para pakar astronomi dan ilmu falak, serta para pejabat eselon I dan II Kementerian agama. (R/Dewira)

Loading...