Beranda News Nasional Pemerintah Tetapkan Awal Puasa Ramadan pada 29 Juni

Pemerintah Tetapkan Awal Puasa Ramadan pada 29 Juni

209
BERBAGI
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat konferensi pers tentang awal Ramadan. (dok kementerian agama)

JAKARTA, Teraslampung.com – Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadan 1435 H jatuh pada Minggu (29/6/2014).  Penetapan awal Puasa Ramadan itu dilakukan setelah Kemenag menggelar sidang isbat Jumat malam. Hasil sidang isbat disampaikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kantor Kemenag, Jakarta, Jumat (27/6/2014).

“Pemerintah memberikan keleluasaan bagi warga negaranya, khususnya yang beragama Islam yang akan menjalankan puasa 1 Ramadan tidak sama dengan yang ditetapkan pemerintah,” kata Lukman.

Lukman mengatakan pelaksanaan sidang isbat merupakan perintah UU No 3 tahun 2006 tentang Peradilan Agama. UU tersebut mengamanatkan kepada pemerintah untuk menetapkan  tanggal 1 Ramadan.

“Tujuannya agar umat Islam memiliki pedoman dalam menjalankan ibadah puasa,” kata dia.

Berbeda dengan tahun lalu yang digelar terbuka dan diliput langsung media televisi nasional, sidang isbat  kali ini dilakukan secara tertutup dan  tidak disiarkan langsung televisi.  Hasil sidang isbat disampaikan melalui konferensi pers.

Sidang Isbat dihadiri perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) , Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama (NU), perwakilan dari dubes negara Islam dan ahli astronomi. (Dewi Ria Angela).