Beranda Teras Berita Pemilih Pemula Diharapkan Cerdas Pilih Pemimpin

Pemilih Pemula Diharapkan Cerdas Pilih Pemimpin

28
BERBAGI

Isbedy Stiawan ZS, S. Priyo Santoso /Teraslampung.Com

Metro—Pemilih pemula pada Pemilu Legislatif (Pileg) yang dilaksanakan pada 9 April 2014, diharapkan cerdas saat memilih untuk menjadi wakil rakyat di gedung Dewan. Hal tersebut dikatakan Solehan, ketua Komisi II DPRD Metro, Kamis (6/3).

Menurut Solehan, pemilu legislatif untuk menentukan arah pembangungan lima tahun ke depan. Oleh sbeab itu, salah memilih orang yang menjadi wakilnya di Dewan akan beakibat salah pulah arah kehendak rakyat.

“Saya pribadi mengharapkan pada pemilih pemula harus cerdas memilih calon pemimpin, karena ini penentua kebijakan lima tahun ke depan,” kata Solehan.

DPRD Kota Metro, katanya lagi, meminta masyarakat memberikan hak suaranya dengan sebaik mungkin pada pemilu legislatif 9 April mendatang. “Terlebih kepada pemilih pemula yang belum mengerti banyak tentang mekanisme pemilihan calon pemimpin mereka,” imbuh dia.

Untuk itu, Ketua Komisi II DPRD Kota Metro ini mengatakan, perlu adanya sosialisasi bahkan sekolah terkait pemilu yang sasarannya di khususkan pada pemilih pemula.

Sementara Ketua Pokja KPU Kota Metro Agus Riyanto mengaku saat ini terus meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pemilu. Pihaknya dengan aktif menggelar sosialisasi dan kegiatan lain yang pada intinya meningkatkan pengetahuan masyarakat.

Salah satunya, jelas Agus, melakukan bimbingan teknis bagi para relawan demokrasi kepemiluan, pendidikan pemilihan umum. “Kegiatan ini sasarannya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi,” ujarnya.

Pada bimtek kali ini, dia menambahkan, melibatkan lima kelompok pemilih di antaranya pemilih pemula, kelompok perempuan, kelompok keagamaan, kelompok marginal, dan kelompok disabilitas//

Menyinggung pelaksanaan Pileg 2014 yang tinggal hitungan hari, Agus Riyanto optimistis, Pileg 2014 di Kota Metro akan berjalan lancar. Sebab, lanjutnya, persiapannya sudah matang.