Beranda Pendidikan Pemilihan Rektor Unila, Pendaftaran Bakal Calon Dibuka 22-31 Juli 2019

Pemilihan Rektor Unila, Pendaftaran Bakal Calon Dibuka 22-31 Juli 2019

241
BERBAGI
Prof. Dr. Wan Abas Zakaria (tengah) menjelaskan tentang persiapan pemilihan Rektor Unila, Rabu, 17 Juli 2019.
Prof. Dr. Wan Abas Zakaria (tengah) menjelaskan tentang persiapan pemilihan Rektor Unila, Rabu, 17 Juli 2019.

TERASLAMPUNG.COM–Universitas Lampung (Unila) akan mengelar pemilihan rektor Unila periode 2019-2023. Menurut panitia, pendaftaran bakal calon dimulai 22-31 Juli 2019.

“Jika tanggal 31 Juli 2019 pada jam kerja , jumlah pendaftar kurang dari 4 maka diperpanjang jadi 7 Agustus 2019,” kata Ketua panitia pemilihan Rektor Unila Prof.Dr. Ir.Wan Abbas Zakaria, di Rektorat Unila, Rabu (17/7/2019).

Wan Abbas mengatakan berdasarkan Pasal 5 ayat 1, 2 dan 3 disebutkan ada tiga tahapan dalam proses pemilihan rektor yakni penjaringan , penyaringan dan pemilihan.

Tahap penjaringan: mulai dari pembentukan panitia, pengumuman penjaaringan, pendaftarn balon, seleksi administrasi dan pengumuman hasil penjaringan.

“Soal pengumuman penjaringan bisa dibuka di www.pilrek.unila.ac.id.Kami mengundang putra putri terbaik Indonesia untuk mendaftar menjadi balon rektor atau dengan daftar langsung kerektorat atau melqlui laman web panitia,” jelasnya.

Menurut Wan Abas, persyaratan bakal calon rektor Unila antara lain tidak pernah melakukan tindak plagiat,  tidak pernah tersangkut masalah hukum atau tidak pernah dipenjara, berpendidikan S-3, sehat jasmani rohani, dan bebas narkotika.

Seleksi administrasi dijadwalkan akan dilakukan pada 1-2 Agustus 2019 (diperpanjang 8 Agustus jika calon kurang dari 4 orang). Selanjutnya hasil seleksi administrasi akan diserahkan kepada senat pada 5 Agustus 2019 (diperpanjang 9 Agustus jika calon di bawah 4 orang ).

Sedangkan pada tahapan penjaringan; penyerahan visi misi dan program kerja balon rektor 9 agustus, seleksi bakal calon rektor 13-22 agustus . Kemudian penyampaian program kerja bakal calon rektor  di hadapan civitas akademika unila 21 Agustus 2019.

“Jika semua tahapan pemilihan rektor akan ada penetapan dan pelantikan rektor terpilih oleh menteri riset teknologi dan pendidikan tinggi pada bulan November 2019 oleh Menristek Dikti,” katanya.

Wan Abbas berharap  semua tahapan dan semua dqpat dijalnkan dengan lancar demi kemajuan unila kedepan dan dapat dilalui dengan tertib dan lancar.

“Kami berkomitmen akan bekerja secara cermat dan akurat penuh keteliitian,” tandasnya.

Hadir dalam konpres tersebut Ketua panitia pemilihan Rektor Unila periode 2019- 2023 Prof.Dr.Ir Wan Abbas Zakaria, Sekretaris Prof.Dr. Saudi Samosir, Pj. Keuangan Sariman, S.H.

Mas Alina Arifin

Loading...