Beranda Politik Pemilu 2019 Pemilu 2019, KPU Lampura Belum Umumkan Bacaleg yang Tidak Memenuhi Syarat

Pemilu 2019, KPU Lampura Belum Umumkan Bacaleg yang Tidak Memenuhi Syarat

419
BERBAGI
Ilustrasi Pemilu 2019

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Meskipun telah mengantongi sejumlah nama bakal calon anggota legislatif yang tidak memenuhi syarat (TMS) untuk mengikuti pemilihan legislatif pada tahun 2019 mendatang, namun KPU Lampung Utara memilih untuk tidak mengumumkannya secara terbuka.

‎”Hasil perbaikan berkas persyaratan, ada beberapa bacaleg yang dinyatakan TMS. Namun, siapa saja Bacaleg itu tidak bisa kami umumkan,” kata Ketua KPU Lampung Utara, Marthon, di kantor, Rabu (8/8/2018).

Alasan untuk tidak mengumumkannya secara terbuka ini, menurut Marthon, dikarenakan tidak ada ketentuan yang mengharuskan pihaknya melakukan hal itu meski beberapa daerah melakukan tersebut. Lolos atau tidaknya seseorang menjadi Bacaleg baru akan diketahui setelah pengumuman Daftar Caleg Sementara (DCS).

Apabila nama mereka tertera dalam DCS maka secara otomatis mereka dinyatakan lolos. Namun, jika nama mereka tidak ada dalam DCS maka mereka dinyatakan TMS sebagai peserta Pileg.

“(Meski di beberapa daerah mengumumkan Bacaleg mana saja yang TMS) tapi kami lebih cenderung mengumumkannya melalui DCS,” papar Marthon.

Masih menurut Marthon, bagi partai politik yang Bacalegnya dinyatakan TMS maka tidak diperkenankan mengajukan pergantian Bacaleg yang baru. Para partai politik baru diperkenankan melakukan pergantian jika Bacaleg yang ada dalam DCS meninggal dunia, berhalangan tetap atau kurangnya kuota keterwakilan perempuan akibat TMS.

“Tapi Bacaleg yang diusulkan harus Bacaleg yang baru atau dengan kata lain sama sekali belum pernah menyalonkan diri,” tuturnya.

Loading...