Beranda Teras Berita Di Beringinraya Bandarlampung dan Pringsewu, Kotak Suara Terbuat dari Kardus!

Di Beringinraya Bandarlampung dan Pringsewu, Kotak Suara Terbuat dari Kardus!

187
BERBAGI

Mas Alina Arifin/Siti Qodratin Aulia/Teraslampung.com

Bandarlampung–Sebagian warga Kota Bandarlampung dan di beberapa daerah kabupaten/kota di Lampung sejak Selasa sore (8/4) sibuk menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Meskipun mendapatkan honor kecil, mereka tampak antuasias bekerja menyukseskan Pemilu 2014 pada 9 April 2014 yang dibarengkan dengan pemilihan gubernur Lampung.

Di sela-sela antuasiame tersebut, ada sebagian warga Kota Bandarlampung yang merasa waswas pelaksanaan Pemilu dan Pilgub akan lancar dan terhindar dari konflik atau protes keras. Salah satu indikasinya adalah dengan adanya kotak suara yang hanya terbuat dari kardus, bukan dari pelat disertai gembok untuk mengamankan surat suara.

Di Perumahan Wismamas, Kelurahan Beringin Raya, Kecamatan Kemiling, Bandarlampung, misalnya, warga kaget karena kotak suara terbuat dari kardus. “Kotak Suara di TPS 13 tempat saya, dari lima yang disediakan dua di antaranya terbuat dari kotak kardus. Kardus itu untuk kotak suara calon Gubernur dan DPRD Kota Bandarlampung.Ini sangat rawan kecurangan. Mungkin saja hal itu terjadi tempat lain,” kata Ichwanto M. Nuh, warga Perum Wismamas, Selasa malam ((8/4).

Selain kotak suara yang hanya terbuat dari kardus, menurut Ichwanto, di TPS tempat dia akan mencoblos, kertas peraga berisi daftar calon anggota DPD juga belum ada.

Menurut Ichwanto. seorang kawan yang tinggal di Pagelaran, Kabupaten Pringsewu juga menceritakan pengalaman serupa: menemukan kotak suara terbuat dari kardus.

“Kalau sebagian besar kotak suara bahannya dari kardus tentu akan sangat rawan kecurangan. Memakai kotak terbuat dari plat dan digembok saja masih rawan, apalagi kardus yang mudah dibuka dan dilakban kembali,” kata Ichwanto.

Loading...