Beranda Ruwa Jurai Way Kanan Pemkab akan Lakukan Sertifikasi Batu Anggur Api Waykanan

Pemkab akan Lakukan Sertifikasi Batu Anggur Api Waykanan

558
BERBAGI
Penjabat Bupati Waykanan, Albar Hasan Tanjung

BANDARLAMPING. Teraslampung.com—Maraknya bisnis batu akik anggur api dari Waykanan, akan ditindaklanjuti Pemkab Waykanan dengan mengupayakan melakukan sertifikasi. Dengan adanya sertifikasi, diharapkan batu anggur api lebih terlindungi.

“Anggur api merupakan potensi  sumber  daya alam  di Waykanan. Kami akan berusaha menbuat potensi ini menjadi  kekayaan untuk  kersejahteraan  rakyat. Kami ingin agar anggur api bisa terkenal dan memberi manfaat bagi warga,” kata  Penjabat Bupati Waykanan Albat Hasan Tanjung, usai pelantikan Penjabat Bupati Lampung Timur. Di Balai Keratin, Rabu (2/9).

“Jika disertifikasi, maka anggur api akan memiliki nilai jua,” kata mantan Dandim Lampung Barat itu.

Albar mengaku, pihaknya berencana akan membuat kampung percontohan kerajinan batu akik anggur api. “Satu RW atau RT yang akan fokus membuka peluang kerja batu akik anggur api Waykanan dengan membantu pemasarannya. Ke depan pemda kabupaten akan membantu proses pemasaran batu akik,” katanya

Batu anggur api Waykanan dijadikan liontin oleh Anhsori Djausal  (Foto: Anshori Djausal)

Berdasarkan penelurusan Teraslampung.com, di tengah mulai lesunya bisnis batu akik, harga batu akik jenis anggur api belum beranjak. Batu ini baru dalam kisaran Rp 100 ribu—Rp 200 ribu. Bahkan, batu yang sudah dipoles dan belum dikasih cincin harganya bisa lebih rendah.

Meskipun begitu,  semangat memuliakan batu akik anggur api Waykanan masih banyak dilakukan banyak pengrajin. Misalnya adalah yang dilakukan budayawan yang juga Direktur Utama PD Wahana Raharja, Anshori Djausal.

Dengan telaten Anshori membuat aneka kerajinan batu anggur api Waykanan dalam bentuk kalung liontin. Aneka liontin  batu anggur api itu oleh Anhori dikemas cantik menjadi suvenir.

.Mas Alina Arifin

Loading...