Beranda Ruwa Jurai Lampung Barat Pemkab Lampung Barat Gagas Percepatan Penerapan BBM Satu Harga

Pemkab Lampung Barat Gagas Percepatan Penerapan BBM Satu Harga

209
BERBAGI
Rapat percepatan penerapan BBM satu harga di Lampung Barat, digelar di Hotel Marcopolo Bandarlampung, Jumat (23/11/2018),

TERASLAMPUNG.COM — Pemkab Lampung Barat menggelar rapat untuk menggagas percepatan perizinan lembaga penyalur bahan bakar minyak (BBM) satu harga, Meeting Room Hotel Marcopolo Bandarlampung, Jumat (23/11/2018).

Pada rapat itu Wakil Bupati Lampung Barat  Mad Hasnurin mengatakan dilihat dari perkembangan struktur ekonomi Lampung Barat menunjukan bahwa pertumbuhan hampir disemua sektor ekonomi mengalami peningkatan, terutama di sektor perhubungan, perdagangan, dan pertanian.

“Dalam proses produksinya maupun pendistribusian hasilnya tidak terlepas dari dukungan pelayanan dan ketersediaan bbm tetapi pelayanan sumberdaya energi khususnya BBM masih relatif rendah,” kata Wabup Mad Hasnurin.

Sebab itu, kata dia, selama ini Lampung Barat mengalami kelangkaan BBM atau biaya yang kemudian meningkat melebihi harga eceran tertinggi yang telah ditetapkan.

“Hal itu akan berdampak tidak hanya pada tingkat kesejahteraan petani karena margin pendapatan yang semakin berkurang, akan tetapi juga menyebabkan mundurnya pertumbuhan ekonomi di Lampung Barat sebagai akibat tidak lancarnya arus distribusi dan proses produksi,” katanya.

Menurut Mad Hasnurin, BBM satu harga merupakan salah satu agenda prioritas pemerintahan Jokowi-JK yang termasuk dalam Nawacita yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Menteri ESDM kemudian menerbitkan Peraturan Menteri ESDM No. 36 tahun 2016 tentang percepatan pemberlakuan satu harga jenis bbm tertentu dan jenis bbm khusus penugasan secara nasional, yang diberlakukan sejak 1 januari 2017.

Mad Hasnurin berharap penyaluran bbm satu harga ini akan berdampak positif bagi perekonomian dan meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Lampung Barat.

“Oleh karena itu, kami sangat menyambut dengan baik program ini. Kami berharap nantinya masyarakat menjadi tidak terbebani lagi karena harga bbm sudah sama dengan harga di wilayah lainnya,” katanya.

Hadir dalam rapat tersebut antara lain BPH Migas Idham Baridwan, Assisten Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kahumasan Kabupaten Pesisir Barat Syamsu Hilal, Pt. Akr Corporindo, Mauliady Jahja,  Edy Gunawan dari CV Berlian Muda , dan Eli Darmawanti dari CV Cahaya Agung.

Loading...