Beranda Ruwa Jurai Lampung Barat Pemkab Lampung Barat Gelar Silaturahmi Budaya Megalitik Batu Brak

Pemkab Lampung Barat Gelar Silaturahmi Budaya Megalitik Batu Brak

187
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Pemkab Lampung Barat menggelar silaturahmi budaya dengan Pergelaran Kesenian Megalitik Batu Brak situs megalitik Batu Brak, Pekon Pura Wiwitan, Kecamatan Kebun Tebu, Sabtu, 6 Juli 2019. Rangkaian acara ini sudah dimulai sejak 1 Juli 2019 lalu.

“kita wajib untuk menjaga situs situs bersejarah dan budaya yang ada di Lampung Barat ini. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang menjadi wadah agar kita lebih cinta budaya dan dapat melestarikannya, karena budaya ini dapat merekatkan persatuan dan kesatuan masyarakat setempat,” kata Bupati Parosil Mabsus ketika membuka acara,

Menurut Parosil, kegiatan ini dimaksudkan menjadi tempat berkumpulnya seniman dan budayawan, pemerhati dan organisasi kesenian untuk terus mengembangkan kreasi dan inovasi sekaligus mengaktualisasi diri melalui aktivitas dan prestasi seni.

“Even ini juga menjadi merupakan bagian dari upaya pembinaan, pelestarian budaya daerah Lampung barat sebab kita tau pentingnya bidaya bagi bangsa,” kata Parosil.

Parosil mengajak generasi muda untuk terus mencintai budaya daerahnya dengan cara berpartisipasi.

“Partisipasi tersebut dapat dilakukan melalui para generasi muda yang mempunyai kemauan, kemampuan, dan harapan yang besar untuk membangun suatu daerah lebih baik lagi dan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk bersama-sama meningkatkan potensi yang ada di Lambar,” katanya.

Sanggar Gauri dan Teater Cupido Sumberjaya Lampung Barat sebagai penyelenggara kegiatan didukung Komunitas Seni yang ada di Provinsi Lampung, Dinas Pendididkan dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata dan masyarakat Lampung Barat.

Even ini dimaksudkan sebagai forum pertemuan (sharing) pelaku seni dengan masyarakat, dan alam. Dalam prosesnya bisa diartikan juga sebagai perjalanan kembali (traveling back to the sources), upaya mengembalikan seni ke masyarakat, alam, ke sumber kehidupan, atau sejumlah ihwal yang terkait nafas hidup, spiritualitas sebagaimana spirit seni-seni tradisi yang telah tumbuh sebelumnya.

Pada waktu yang bersamaan, selain di Batu Brak Lampung Barat, Merayakan Seni Megalitik juga dilaksanakan di Avebury UK (Inggris), Watu Kandang Matesi (Jawa), Lindeskov (Denmark), Batu Pake Gojeng (Sulawesi), Tejakula, Bali dan seluruh dunia pada tanggal 5 Juli 2019.

Loading...