Beranda Ruwa Jurai Lampung Selatan Pemkab Lampung Selatan Berikan Penghargaan APN 2015

Pemkab Lampung Selatan Berikan Penghargaan APN 2015

218
BERBAGI

Iwan J Sastra/Teraslampung.com

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekobang) Setdakab Lamsel Ir. Erlan Murdiantono menyerahkan penghargaan Adhikarua Pangan Nusantara, Selasa (27/7/2015).

KALIANDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan memberikan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) tingkat Kabupaten Lamsel Tahun 2015 kepada masyarakat pelopor ketahanan pangan, pemangku ketahanan pangan, pelaku ketahanan pangan, pelayanan ketahanan pangan dan pembina ketahanan pangan yang masuk dalam kategari penilaian lomba intensifikasi pertanian.

Penghargaan APN tingkat kabupaten tersebut diserahkan secara simbolis oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekobang) Setdakab Lamsel Ir. Erlan Murdiantono mewakili Bupati Lamsel H. Rycko Menoza SZP, usai membuka acara rapat koordinasi dewan ketahanan pangan, di Aula Krakatau, Kantor Bupati Lamsel, Selasa (28/7).

Menurut Erlan, pemberian penghargaan APN ini, tujuannya untuk memberikan apresiasi dan motivasi kepada masyarakat khususnya kaum petani dalam upaya meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian, pendapatan petani dan nelayan dalam berusaha tani tanaman pangan, peternakan, perikanan dan perkebunan, diwilayah Kabupaten Lampung Selatan.

“Penghargaan APN 2015 ini diberikan kepada penerima sesuai dengan kategorinya masing-masing yakni pelopor ketahanan pangan, pemangku ketahanan pangan, pelaku ketahanan pangan, pelayanan ketahanan pangan dan pembina ketahanan pangan,” ujar Erlan Murdiantono.

Sementara itu, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Lamsel Ir. Rini Ariasih menjelaskan, dalam penetapan penerima penghargaan APN tingkat kabupaten ini, semua peserta lomba mengikuti berbagai proses seleksi dan verifikasi sesuai dengan kategorinya masing-masing.

“Penghargaan ketahanan pangan ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Dewan Ketahanan Pangan (DKP) secara berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten, provinsi dan nasional. Bagi para penerima penghargaan APN ditingkat kabupaten ini akan kembali diikutsertakan dalam seleksi pemberian anugerah APN tingkat provinsi, jika nanti kembali berhasil, maka akan dilanjutkan hingga ke tingkat nasional,” katanya.

Diungkapkannya, penganugerahan APN tingkat Kabupaten Lamsel untuk tahun 2015 diberikan kepada masyarakat dengan lima kategori yakni untuk kategori pelopor ketahanan pangan atas nama Misniyanto dari Desa Sidowaluyo, Kecamatan Sidomulyo, Kategori pemangku ketahanan pangan atas nama R. Mulyono, S. Pd dari Desa Pematang Pasir, Kecamatan Ketapang.

Lalu lanjutnya, untuk kategori pelayanan ketahanan pangan atas nama Sri Harmini, SP dari Desa Marga Catur, Kecamatan Kalianda dan untuk kategori pembina ketahanan pangan atas nama Nur Hakim, S. Pd. i selaku Kepala Desa Purwodadi, Kecamatan Way Sulan.

“Sedangkan untuk kategori pelaku ketahanan pangan diberikan kepada empat kelompok yakni Gapoktan Sejahtera selaku pengelola produksi pangan dari Desa Bandan Hurip, Kecamatan Palas dan Kelompok Tani Kebun Agung dari Desa Ruang Tengah, Kecamatan Penengahan,” terangnya.

“Kemudian, KUP AN-NAHL selaku kelompok pemberdayaan masyarakat dari Desa Pematang Pasir, Kecamatan Ketapang dan KWT Bina Melati dari Desa Sidoharjo, Kecamatan Way Panji, Poklahsar Pas Mantap selaku kelompok gabungan masyarakat bidang industri pangan dari Desa bumi Daya, Kecamatan Palas dan KWT Kemuning II dari Desa Marga Catur, Kecamatan Kalianda,” katanya.

Loading...