Pemkab Lampung Utara akan Bantu Korban Kebakaran

Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby/Teraslampung.com

Kantor Pemkab Lampung Utara (Ilustrasi)

KOTABUMI–Pemkab Lampung Utara sedang memproses usulan bantuan yang akan diberikan kepada empat korban musibah kebakaran di Desa Negeri Batin Jaya, Kecamatan Sungkai Barat.

“Usulan yang diajukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk mereka (korban kebakaran) sedang diproses,” kata Asisten II Sekretaris Kabupaten, Fahrizal Ismail, Senin (7/9).

Bantuan yang akan diberikan tersebut, menurut mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah itu, berupa uang tunai. Namun, ia mengatakan tak begitu mengetahui berapa besaran bantuan yang akan diberikan kepada ke-empat korban musibah kebakaran tersebut. “Bantuannya berupa uang,” tutur Fahrizal lagi.

Di lain sisi, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA), Budi Utomo mengaku pihaknya siap mencairkan bantuan yang diajukan oleh pihak BPBD untuk para korban musibah kebakaran tersebut. Dana bantuan ini berasal dari dana tak tersangka yang telah dianggarkan oleh Pemkab tiap tahunnya.

“Peran kami hanya sebagai juru bayar. Kalau ada usulan masuk, kami tinggal mencairkannya. Soal besaran nilainya, bukan kami yang menentukan,” papar dia.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Utara menaksir nilai kerugian atas musibah kebakaran yang menimpa 4 unit rumah di Desa Negeri Batin Jaya, Kecamatan Sungkai barat pada Jum’at pekan lalu mencapai sekitar Rp145 juta.

“Total kerugian 4 unit rumah warga yang terbakar di Desa Negeri Batin Jaya pada Jum’at (4/9) itu mencapai sekitar Rp145 juta. Tapi tak ada korban jiwa dalam kebakaran kali ini,” kata Sekretaris BPBD, Ansyor Rasyid melalui sambungan telepon, Minggu (6/9)

Ansyori kembali mengatakan, dari ke-empat rumah yang terbakar tersebut, dua di antaranya rata dengan tanah. Sementara dua rumah lainnya hanya hangus sebagiannya saja karena keburu dipadamkan warga dan BPBD. Adapun rumah yang rata dengan tanah itu ialah milik Imawan Susanto (30) dan Marbun (41).

“Dua rumah yang rata dengan tanah. Dua lainnya, hanya sebagiannya saja yang terbakar,” paparnya.

Ansyori menambahkan, pihaknya telah melaporkan musibah kebakaran ini kepada Pemkab Lampura supaya korban kebakaran tersebut dapat diberikan bantuan untuk meringankan musibah yang dialami mereka.

“Kami sudah laporkan musibah ini kepada Pemkab. Semoga dalam waktu dekat, mereka akan dapat bantuan,” terang dia.