Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Pemkab Lampung Utara akan Tingkatkan Pengawasan Orang Asing

Pemkab Lampung Utara akan Tingkatkan Pengawasan Orang Asing

386
BERBAGI
Plt. Bupati Lampung Utara, Budi Utomo menyematkan pin pada para peserta rapat koordinasi Timpora.
Plt. Bupati Lampung Utara, Budi Utomo menyematkan pin pada para peserta rapat koordinasi Timpora.

Feaby Handana | Teraslampung.com

Abung Selatan–Pelaksana tugas Bupati Lampung Utara, Budi Utomo menilai keberadaan tim pengawasan orang asing (Timpora) cukup penting untuk memantau keberadaan orang asing atau investor di setiap daerah.

“Dengan adanya Timpora maka setiap investor dapat yang masuk dapat terkontrol,” kata Budi Utomo usai membuka acara rapat koordinasi Timpora di aula Hotel Graha Wisata, Abung Selatan, Selasa (28/7/2020).

Melalui rapat koordinasi ini diharapkan sinergitas, koordinasi, dan kolaborasi antar instansi dalam rangka menjaga stabilitas Negara Kesatuan Republik Indonesia, khususnya di Lampung Utara dapat terus terjaga. Keberadaan orang asing diakui memiiliki dampak positif dalam perekonomian. Namun, jangan sampai dampak positif ini membuat semua pihak terlena dan waspada.

“Sehingga bukannya keuntungan malah kerugian yang didapat jika kita tidak benar – benar dalam mengawasi mereka,” tutur dia.

Pengawasan atas orang asing harus ditingkatkan apalagi saat pandemi COVID-19 masih berlangsung. Letak Indonesia yang cukup strategis membuatnya rentan dengan orang asing.

“Pertukaran informasi sebagai upaya regional dalam rangka preventif, antisipasi, pencegahan, dan pembinaan sesuai dengan tugas dan fungsi lembaga juga sangat diperlukan,” paparnya.

Di lain sisi, Kepala Imigrasi kelas III Kotabumi, Lampung Utara, Amrullah Sodik mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menyinergikan pengawasan orang asing di Lampung Utara, dan tukar menukar informasi keberadaan orang asing. Dengan demikian, pengawasan lapangan terhadap orang asing agar dapat berlangsung aman, tertib.

“Semua punya tugas atau tanggung jawab mengawasi orang asing baik melalui ekonomi, budaya dalam rangka memajukan perekonomian,” kata dia.

Loading...