Beranda Politik Pemkab Lampung Utara Cairkan Dana Partai Politik

Pemkab Lampung Utara Cairkan Dana Partai Politik

190
BERBAGI
Suasana penyerahan bantuan keuangan untuk partai politik di Pemkab Lampung Utara, Selasa (21/8/2018)

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Pemkab lampung Utara kembali mengucurkan bantuan keuangan sebesar ‎Rp1,033 Miliar kepada partai politik yang memiliki kursi di DPRD, Selasa (21/8/2018).

“Bantuan keuangan diberikan untuk partai politik yang memiliki kursi di DPRD. Total bantuannya mencapai Rp1.033.994.000‎,” terang Sekretaris badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Fadly Achmad usai kegiatan.

Fadly mengatakan, total partai politik yang mendapat bantuan ‎berjumlah sebelas partai. Bantuan ini diperuntukkan memenunjang pendidikan politik dari partai politik dan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat.

“Selain itu juga untuk kelancaran penyelenggaraan politik di Lampung Utara,” jelasnya.

Menurut Fadly, bantuan keuangan ini bersumber dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2018. Besaran bantuan yang diterima oleh tiap partai politik berbeda – beda tergantung dengan jumlah perolehan suara pada Pemilu tahun 2014 silam.

“‎besaran bantuan yang diterima oleh tiap partai politik berbeda – beda ‎sesuai dengan perolehan suara mereka pada Pemilu 2014 silam,” kata dia.

Adapun partai politik yang memperoleh bantuan keuangan terbesar ialah PDIP dengan nilai sekitar Rp182,08 juta. Urutan kedua ditempati oleh Partai Gerindra dengan nilai sebesar Rp138,9 juta. Urutan terbesar ketiga ‎ditempati oleh Partai Demokrat dengan nilai sekitar Rp131 juta.

“Bantuan keuangan terkecil diterima oleh Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia PKPI dengan nilai sekitar Rp26 juta‎,” jelasnya.