Beranda News Kesehatan Pemkab Lampung Utara Gelar Operasi Katarak Gratis bagi 125 Warga

Pemkab Lampung Utara Gelar Operasi Katarak Gratis bagi 125 Warga

111
BERBAGI
Bupati Agung Ilmu Mangkunegara (kiri) dan Wakil Bupati Sri Widodo berdialog dengan pasien yang akan menjalani operasi Katarak Gratis di ruang operasi RSUD Ryacudu, Kotabumi, Kamis (31/3)

Feaby/Teraslampung.com

Kotabumi–Pemkab Lampung Utara melaksanakan operasi katarak gratis bagi 125 warganya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ryacudu, Kotabumi, Kamis (31/3) sore. Operasi katarak ini berkat kerja sama dengan Penanggulangan Buta Katarak-Penanggulangan Buta Katarak-Perdami (Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami)‎.

“Terima kasih atas peran serta Perdami yang telah mau bekerjasama dalam menanggulangi buta katarak di Kabupaten ini,” tutur Bupati Agung Ilmu Mangkunegara sebelum operasi katarak dimulai.

Agung mengatakan, operasi katarak bagi warga yang memiliki gangguan mata ini merupakan wujud nyata dari salah satu program Windu Cita Pemkab khususnya dalam bidang kesehatan. Melalui kegiatan ini, pihaknya ingin meringankan penderitaan bagi mereka yang terkena penyakit tersebut.

“Setiap penyakit termasuk penyakit katarak‎ adalah ujian dari Yang Maha Kuasa. Hendaknya kita semua bersabar agar dapat melewati ujian yang diberikan,” katanya.

Ketua Komite Medis RSUD Ryacudu Kotabumi, dr Syah Indra Husada menguraikan bahwa ke-125 warga yang menjalani operasi katarak gratis ini hasil seleksi yang telah dilakukan pihak panitia. Karena, pihaknya tak ingin mengambil risiko jika calon peserta operasi memiliki penyakit darah tinggi atau diabetes. Setelah operasi, peserta juga akan  digratiskan melakukan cek ulang atau perawatan. Cek ulang dilakukan secara berkala di RSUD Ryacudu.

“Ada 4 dokter spesialis mata yang berasal dari Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) yang telah dipersiapkan untuk kegiatan ini,” paparnya.