Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Pemkab Lampung Utara Mulai Mencicil Tunggakan ADD 2018

Pemkab Lampung Utara Mulai Mencicil Tunggakan ADD 2018

416
BERBAGI
‎Rapat Dengar Pendapat Komisi II DPRD Lampung Utara bersama Pemkab dan Apdesi membahas seputar ADD 2018 dan ADD 2019

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Pemkab Lampung Utara ‎mulai ‘mencicil’ tunggakan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2018. Tunggakan ADD yang akan dibayarkan ini, yakni bulan Maret dan April.

Pada tahun 2018 silam, Pemkab Lampung Utara belum menyalurkan ADD tahun 2018 sebanyak 10 bulan kepada 232 desa di wilayahnya. ‎Singkat cerita, tunggakan ADD ini dijanjikan akan mulai dicicil sejak bulan Februari ‎hingga beberapa bulan ke depan.

‎”Dari total 232 desa yang ada, 50 di antaranya sudah mencairkan dua bulan tunggakan ADD tahun 2018 pada Jumat pekan lalu,” terang Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Habibie usai menghadiri rapat koordinasi bulan Pemkab di kantor Pemkab, Senin (25/2/2019).

Dua bulan ADD yang dicairkan itu ialah ADD bulan Maret dan April tahun 2018. Pencairan dua bulan tunggakan ini mengacu pada kesepakatan bersama antara pihak eksekutif dan legislatif belum lama ini.

“Sementara 182 desa lainnya masih dalam proses pencairan. Diperkirakan sebelum akhir bulan, dua bulan tunggakan itu akan sudah disalurkan ke seluruh desa,” jelasnya.

Kisruh seputar persoalan tunggakan ADD yang tak kunjung jelas kapan akan disalurkan membuat pihak legislatif berupaya memediasi persoalan tersebut. Syukurnya, pertemuan yang mereka inisiasi dengan melibatkan pihak eksekutif dan pemerintah desa menghasilkan pelbagai keputusan penting.

Pelbagai keputusan itu, yakni keputusan seputar waktu pencairan tunggakan ADD tahun 2018 dan pembayaran ADD tahun 2019. Pencairan tunggakan ADD tahun 2018 akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan anggaran daerah. Namun, pihaknya menargetkan seluruh tunggakan itu akan terbayarkan pada bulan Agustus

Adapun persoalan ADD tahun 2019 diperkirakan akan segera direalisasikan mulai dari bulan September hingga Desember mendatang. Dengan demikian, tak akan ada lagi tunggakan – tunggakan ADD di masa mendatang.

Loading...
BERBAGI
Artikel sebelumyaSembilan Saksi Diperiksa Dalam Sidang Lanjutan Zainudin Hasan
Artikel berikutnyaIni Kata Rakhmat Husein Soal Perusakan APK Caleg Golkar Yuhadi
Portal Berita Lampung: Terkini, Independen, Terpercaya