Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Pemkab Lampura Disarankan Tunda Pembangunan Tugu Pengantin

Pemkab Lampura Disarankan Tunda Pembangunan Tugu Pengantin

316
BERBAGI
Ketua Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia‎ (PKPI) Lampung Utara, Dedy Andrianto

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Ketua Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia‎ (PKPI) Lampung Utara, Dedy Andrianto, menyarankan Pemkab Lampung Utara untuk menghentikan sementara pengerjaan pembangunan tugu pengantin yang ditolak sejumlah warga Jalan Pahlawan, Kotabumi.

“Eloknya, Pemkab menunda dulu pengerjaan pembangunan tugu ‎pengantin sebelum ada solusi terbaik terkait polemik tugu tersebut,” kata Dedi di gedung DPRD, Jumat (17/3/2017).

Penundaan pembangunan tugu, kata Sekretaris Komisi III DPRD tersebut, bukan berarti isyarat bahwa Pemkab itu lembek dan gampang ditekan oleh ‎warga melainkan semata – mata untuk meminimalisir potensi konflik yang mungkin bisa terjadi.

“Perwakilan warga telah menyampaikan aspirasinya di rumah mereka (DPRD,red) tentang tugu. Selaku pengayom rakyat, Pemkab tentu juga wajib mendengarkan aspirasi mereka dan memikirkan solusi yang terbaik dalam persoalan ini,” paparnya.

‎Menurut politisi besutan Sutiyoso tersebut, sejatinya, polemik pembangunan tugu ini harus segera diselesaikan dengan baik – baik sehingga tak lagi menguras energi kedua belah pihak.

Penyelesaian persoalan ini dapat dilakukan dengan cara membangun sebuah simbol, ornamen atau gapura yang menunjukan simbol – simbol perjuangan para perintis kemerdekaan khususnya yang dimakamkan di Jalan Pahlawan.

‎”Bisa saja pembangunan tugu tetap berjalan, namun di sekitar tugu dibangunkan sebuah simbol – simbol perjuangan seperti gapura atau sebagainya. Dengan begitu, pembangunan tugu tetap berjalan sebagaimana mestinya dan nilai sejarah jalan akan tetap terjaga,” saran dia.

Sebelumnya, sejumlah warga Jalan Pahlawan, Kotabumi menyatakan penolakannya atas pembangunan tugu pengantin yang dibangun di ujung Jalan Pahlawan, tepatnya di depan kantor Pemkab. Alasannya, pembangunan tugu di Jalan Pahlawan itu dikhawatirkan akan menggerus pengetahuan generasi muda tentang sejarah nama Jalan Pahlawan. ‎Nama Jalan Pahlawan sendiri diberikan sebagai penghormatan terhadap salah seorang perintis perjuangan yang dimakamkan di salah satu sudut Jalan tersebut, yakni Mustofa

Loading...