Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Pemkab Lampura Pastikan akan Bayar “Tunggakan” ADD 2017

Pemkab Lampura Pastikan akan Bayar “Tunggakan” ADD 2017

473
BERBAGI
Bupati‎ Agung Ilmu Mangkunegara
Bupati‎ Agung Ilmu Mangkunegara

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Pemkab Lampung Utara memastikan akan segera melunasi ‘tunggakan’ Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2017 pada tahun ini. Pelunasan ini akan diakukan secara bertahap mulai dari bulan ini hingga beberapa bulan ke depan.

“Jangan khawatir dengan Dana pendamping desa atau ADD tahun 2017 karena tidak akan hangus. Mulai bulan ini ADD 2017 akan dibayarkan,” papar Bupati Agung Ilmu Mangkunegara saat membuka program inovasi desa di gedung Islamic Center Kotabumi, Rabu (29/8/2018).

Pembayaran tunggakan ADD 2017 akan dilakukan secara bertahap selama beberapa bulan ke depan hingga selesai seluruhnya sebelum akhir tahun. Sejatinya, ‎pihaknya telah lama mengalokasikan pencicilan pembayaran ADD 2017.

Sayangnya, hal itu tidak dapat segera dilakukannya karena terbentur cuti kampanye saat ia mencalonkan diri kembali sebagai peserta Pemilihan Bupati baru – baru ini. Dalam perjalanannya ternyata ADD yang telah dipersiapkan tersebut dialihkan‎ untuk kepentingan lain saat ia cuti di luar tanggungan negara.

“Karena tiga bulan lalu Bupati cuti, ADD yang sudah dialokasikan ternyata ada yang mengalihkannya. Tentu, kepala – kepala desa di sini tahu siapa yang saya maksud,” terangnya tanpa mau menyebutkan secara jelas siapa pejabat yang dimaksudnya.

Bapak tiga anak itu menyebutkan bahwa total tunggakan ADD mencapai tujuh belas bulan. Ke-17 bulan tunggakan ADD ini terdiri ‎tunggakan ADD 2017 dan 2018. Terjadinya tunggakan – tunggakan ini bukan dikarenakan oleh faktor kesengajaan melainkan akibat adanya guncangan di bidang ekonomi.

“Semua ini terjadi karena guncangan di bidang ekonomi. Tapi, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset sudah akan mencairkan tunggakan itu sebanyak delapan bulan,” urai pemenang Pilbup tahun 2018 ini.

Di tempat berbeda, ‎Kepala Bidang Pemerintahan Desa di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Redho Tiansya mengatakan, pencairan ADD tahun 2017 sedang dalam proses pencairan. Untuk bulan ini, tunggakan ADD yang akan dibayarkan ialah tunggakan ADD bulan Agustus dan September 2017.

‎”Saat ini dua bulan tunggakan ADD 2017 dalam proses pencairan,” kata dia.

Adapun besaran ADD yang dibayarkan tiap bulannya untuk 232 ‎desa, menurutnya, mencapai Rp8 Miliar. Dengan demikian, total dua bulan ADD 2017 yang akan segera dibayarkan mencapai Rp16 Miliar.

‎”Sisanya akan dibayar secara bertahap termasuk pembayaran ADD 2018 sesuai dengan kemampuan anggaran yang ada,” terangnya.

Loading...