Pemkab Lamsel Terus Berupaya Mendorong Pembangunan Kota Baru

  • Bagikan

Iwan J. Sastra/Teraslampung.com


Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza

KALIANDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan, akan terus berupaya mendorong pembangunan Kota Baru diwilayah Kecamatan Jatiagung, Lamsel. Meski, dalam pengajuan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (RAPBD-P) Provinsi Lampung, itu tidak ada.

Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza mengatakan pembangunan Kemunculan Kota Baru ada kaitannya dengan keberadaan Institut Teknologi Sumatera (Itera) di wilayah tersebut.

“Oleh karena itu,menurut Rycko, pembangunannya akan terus didorong,” ujar Bupati Lamsel H. Rycko Menoza. SZP, kepada sejumlah wartawan, usai membuka acara kegiatan Manasik Haji, di Aula Rajabasa, Kantor Bupati Lamsel, Senin (25/8).

Menurutnya, pembangunan Kota Baru tersebut, konsepnya memang milik Pemprov Lampung. Namun, lokasinya masuk didalam wilayah Kabupaten Lamsel. Maka dari itu, lanjutnya, Pemkab Lamsel akan terus berupaya mendorong pembangunannya.
 
“Pembangunan Kota Baru, memiliki maksud dan tujuan yang baik yakni guna mendukung adanya pembangunan Itera. Jika pembangunan Kota Baru ini dihentikan, tentunya akan berdampak terhadap kemajuan pembangunan diwilayah tersebut. Karena, pembangunan Kota Baru sudah dirancang akan selesai antara 1 sampai 2 tahun. Dan ini merupakan suatu kebutuhan yang sangat mendasar untuk kemajuan pembangunan 5 sampai 10 tahun ke depan,” kata dia.

Rycko berharap pembangunan Kota Baru diharapkan bisa selesai sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Karena, bentuk pembangunannya bukan hanya membangun Kota Baru saja, tetapi juga akses yang ditimbulkan, seperti jalur menuju Bandara Radin Inten II yang nantinya akan menggunakan jalan yang baru.
 
“Dengan adanya pembangunan Kota Baru, tentunya juga akan berdampak terhadap akses jalan menuju ke wilayah lain seperti untuk menuju Kota Metro dan Lampung Timur. Jadi, pembangunan Kota Baru ini intinya bukan hanya untuk memajukan pembangunan wilayah Provinsi Lampung saja, tetapi juga untuk wilayah lainnya,” katanya.

  • Bagikan