Beranda Ruwa Jurai Mesuji Pemkab Mesuji akan Salurkan Dana Hibah Rp 3,6 M untuk 30...

Pemkab Mesuji akan Salurkan Dana Hibah Rp 3,6 M untuk 30 Desa

155
BERBAGI
Bupati Mesuji Khamami menandatangani nota kesepakatan (MoU) pemberian dana hibah kepada 30 desa di Mesuji, Senin (25/8)

MESUJI, Teraslampung.com — Pemerintah Kabupaten Mesuji akan menyalurkan dana hibah senilai Rp 3,6 miliar kepada 30 desa di Kabupaten Mesuji. Dana itu akan dimanfaatkan desa untuk pembangunan desa dan merehab balai desa. Sebelum bantuan disalurkan, dilakukan Pemkab Mesuji dan para kepala desa calon penerima bantuan menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) di Aula Rumah Dinas Jabatan Bupati Mesuji, Senin (25/8/2014).

Bupati Mesuji, Khamami,mengatakan dana hibah tersebut dialokasikan di APBD 2014 dan akan digunakan untuk membangun dan merehabilitasi bangunan balai desa. Sebanyak  30 desa tersebut terdiri atas 16 desa yang membangun balai desa, sedangkan 14 desa merehab balai desanya.

“Jumlah besaran dana hibah untuk rehab balai desa bervariasi, disesuaikan dengan estimasi dana yang diusulkan oleh Kepala Desa masing-masing,” kata Khamami, Senin (25/8).

Menurut Khamami, selain berasal dari pemerintah pusat, dana pembangunan juga berasal dari pendapatan asli daerah. Salah satunya  hasil penarikan uang dari para wajib pajak. Sebab itu, Khamami meminta para kepala desa untuk selalu menyosialisasikan pajak kepada masyarakatnya, serta berkoordinasi dengan camat dan Dispenda.

“Dana dari hasil pajak akan masuk ke kas daerah, akan digunakan untuk membangun Kabupaten Mesuji,” kata dia.

Menurut Khamami, pada 2015 nanti Kepala Desa dan Sekretaris Desa akan mendapat uang beban kerja. Hal ini didasarkan atas besarnya tanggung jawab dan beban kerja yang dilakukan.

“Dengan pemberian uang beban kerja tersebut saya berharap pada para Kepala Desa agar bekerja dengan keras, tanggung jawab dan amanah. Selain itu, juga harus bisa memberi contoh yang baik kepada masyarakatnya,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala BPMPD Kabupaten Mesuji, Drs. Indra Kusuma Wijaya, M.M., mengatakan  dana hibah tersebut akan dicairkan pada September 2014 mendatang.

“Pembagian dana tersebut akan dilaksanakan pada September mendatang. Jumlah besarannya Rp3,6 miliar dan akan dibagi dalam dua tahap. Jumlah ini lebih banyak daripada APBD 2013 yang hanya sekitar Rp 1 miliar,” kata Indra.

Loading...