X

Pemkab Mesuji Gelar Panen Perdana di Sawah Baru Desa Karya Mandiri

Panen perdana di sawah hasil cetak sawah baru di Desa Karya Mandiri, Mesuji Timur, Kamis (31/3).

MESUJI, Teraslampung.com — Pemerintah Kabupaten Mesuji melakukan panen perdana di lahan cetak sawah baru di Desa Tebing Karya Mandiri, Kecamatan Mesuji Timur, Kamis (31/03/2016). Panen perdana dipimpin oleh Wakil Gubernur Lampung, Bachtiar Basri, Direktur Serealia Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, Nandang Sunandar; dan Bupati Mesuji, Khamami

“Alhamdullillah pada hari ini panen perdana pada lahan cetak sawah baru dapat kita laksanakan dengan hasil yang cukup baik, yakni rata-rata 3 ton Gabah Kering Panen per hektar. Namun demikian, beberapa hambatan ditemui para petani pada lahan pertanian rawa gambut pasang surut, yakni air yang payau pada musim kemarau dan rumput yang tumbuh dengan cepat. Untuk itu, bantuan dari Pemerintah sangat kami harapkan dalam rangka peningkatan produksi padi di Kabupaten Mesuji,” ujar Bupati Khamami.

Sementara itu, Wakil Gubernur Bachtiar Basri, mengaku puas dengan hasil capaian panen yang sangat baik di Kabupaten Mesuji. Pemerintah Provinsi Lampung bersama dengan Pemerintah Pusat akan selalu mendukung pembangunan sektor pertanian di Kabupaten Mesuji ini.

“Potensi lahan pertanian di Kabupaten Mesuji ini luar biasa, tanahnya sangat subur. Tentunya kita optimis target 1 juta ton padi di Provinsi Lampung dapat tercapai, apalagi pada tahun 2016 ini akan dilakukan lagi cetak sawah baru seluas 6.000 hektar di Kabupaten Mesuji,” terangnya.

Pada tahun 2015 Pemerintah melakukan cetak sawah baru pada lahan seluas 2.000 hektare di Kabupaten Mesuji. Lahan pertanian di Kabupaten Mesuji merupakan lahan gambut pasang surut yang berbeda dengan lahan persawahan pada umumnya.

Teras Lampung :Portal Berita Lampung: Terkini, Independen, Terpercaya