Beranda Ruwa Jurai Pesisir Barat Pemkab Pesisir Barat Luncurkan Alokasi Dana Pekon

Pemkab Pesisir Barat Luncurkan Alokasi Dana Pekon

635
BERBAGI
Peluncuran dana untuk Pekon di Pesisir Barat

TERASLAMPUNG.COM — Pemkab Pesisir Barat  meluncurkan Alokasi Dana Pekon (ADP), Dana Desa (DD), Dana Bagi Hasil Pajak (DBHP), dan Dana Bagi Hasil Retribusi Daerah (DBHRD)  senilai Rp 136,596 miliar, di Gedung Serbaguna (GSG) Selalaw Labuhan Jukung, Kecamatan Pesisir Tengah, Pesisir Barat, Rabu (7/6/2017).

Perinciannua: ADP sebesar Rp43,635 miliar, DD Rp92,417 miliar, Dana Bagi Hasil Retribusi Daerah (DBHRD) Rp151,722 juta, dan (DBHPD) sebesar Rp391 juta.

“Dengan jumlah anggaran sejumlah itu, tentu menjadi tantangan berat bagi kita semua, baik pemerintah kabupaten, pemerintah pekon dan pihak-pihak terkait, untuk memastikan dana tersebut digunakan sebagaimana mestinya, tepat sasaran dan dapat dipertanggungjawabkan,” kata ujar Murliana. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (PMP) Kabupaten Pesisir Barat, Murliana.

Murliana mengatakan, peluncurkan ADP, DD, DBHP dan Retribusi Daerah tersebut, sekaligus untuk memberikan wawasan terhadap kepada para peratin yang ada untuk dapat tepat sasaran pengelolaan anggaran dana desa itu.

Sementara itu, Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal mengatakan pengelolaan dana desa yang ada telah diatur dalam beberapa peraturan diantaranya adalah Peraturan Menteri (Permen) dan Peraturan Bupati Pesisir Barat yang selalu menjadi dasar pelaksanaan.

“Dengan adanya dasar-dasar tersebut, maka desa/pekon telah memiliki kepastian hukum tentang dana yang dikelola oleh desa untuk pembangunan dan peningkatan perekonomian desa dan mensejahterakan warganya,” kata Bupati.

Menurut Agus Istiqlal, untuk membangun akuntabilitas pengelolaan leuangan desa khususnya terkait dengan dana desa, perlu adanya komitmen bersama dan pengawasan dari segala pihak agar aparat pekon dapat mengelola anggaran secara akuntabel, transparansi, partisipatif dan tertib serta disiplin anggaran.

“Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat berusaha melaksanakan pembangunan secara sistematis , terencana dan berkelanjutan dengan 3 program prioritas pembangunan, yaitu percepatan pembangunan insfrastruktur, pengembangan energi, ketahanan pangan dan pertanian,” kata dia.

TL/HLS

Loading...