Beranda Ruwa Jurai Bandarlampung Pemkot Bandarlampung akan Dorong Usaha Kreatif Daftarkan HKI

Pemkot Bandarlampung akan Dorong Usaha Kreatif Daftarkan HKI

190
BERBAGI
Sekda Kota Bandarlampung, Badri Tamam

TERASLAMPUNG.COM — Sekda Kota Bandarlampung Badri Tamam menyatakan Pemkot Bandarlampung akan mendorong unit usaha kreatif untuk segera mendaftarkan usaha dan karyanya menjadi Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

“Pemkot Bandarlampung akan memberikan ruang-ruang ke pengusaha kreatif bagaimana melindungi hak ciptanya, saya juga mendorong mereka (pengusaha ekonomi kreatif) untuk mendaftakan HKI-nya,” ujarnya usai acara acara Sosialisasi dan Fasilitasi HKI di Bidang Ekonomi Kreatif di Swiss-bel Hotel, Kamis, 21 Maret 2019.

Menurutnya jika unit usaha kreatif tidak mendaftarkan karyanya dan usahanya ke HKI mereka akan dirugikan apa bila ada yang menjiplak karyanya.

“Kalau ditiru orang yang rugi pengusahanya, contohnya kuliner, kerajinan dan karya lagu yang terkenal di sini terus dijiplak orang lain.Kan rugi tuh,” katanya.

Badri Tamam mengungkapkan upaya pemkot untuk membantu usaha ekonomi kreatif yang ada di Bandarlampung antara lain mengajak mengikuti pameran-pameran.

“Upaya yang yang kami lakukan antara lain memfasilitasi pelaku ekonomi kreatif mengikuti pameran di dalam dan luar negeri agar hasil mereka dikenal,” jelasnya.

Badri juga mengimbau kepada para pengusaha kreatif untuk mendaftarkan karya dan usahanya ke HKI.

“Saya mengimbau kepada para pengusaha kreatif untuk berlomba-lomba mendaftar ke HKI,” harap Badri Tamam.

Sementara itu, pemilik usaha makanan cemilan Windu mengungkapkan, dia kembali memdaftarkan HKI usahanya setelah sebelumnya gagal.

“Usaha saya Griyacemilan setahun yang lalu mendaftar tapi gagal karena ada yang keberatan, sekarang saya coba Insya Allah berhasil,” harapnya.

Pengusaha kreatif lainnya, Yeye, juga akan mendaftarkan merk dagangnya Kiluan Bay agar tidak ditiru atau dijiplak orang lain.

“Saya bergerak di bidang merchandise Teluk Kilauan. Supaya aman saya akan daftarkan HKINya. Saya punya outlet di Teluk Kiluan juga barang-barang produk saya bisa dibeli secara online,” jelas Yeye yang juga pengusa periklanan itu.

Dandy Ibrahim

Loading...