Pemkot Bandarlampung akan Luncurkan LBH bagi Perempuan dan Anak

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM — Walikota Bandarlampung Eva Dwiana mengatakan dalam waktu dekat Pemkot akan meluncurkan lembaga bantuan hukum (LBH) bagi perempuan dan anak yang bekerjasama dengan Kejari dan lembaga advokasi anak dan perempuan serta akademisi.

“Kami akan fasilitasi. Kantornya di lingkungan Pemkot. Mudah-mudahan pada APBD Perubahan sudah bisa diluncurkan,” kata Eva Dwiana saat membuka pelatihan manajemen Kasus bagi lembaga layanan perlindungan perempuan dan anak, di Hotel Emersia Kamis 1 Juli 2021.

Menurutnya, pembentukan LBH tersebut  supaya perempuan dan anak percaya diri ada yang melindungi.

Eva mengatakan, dalam menangani kasus perempuan dan anak diperlukan SDM yang tangguh serta memahami manejemen kasus yang ditangani.

“Saya juga berharap komitmen sinergis antara Pemkot dan lembaga layanan perempuan dan anak semakin solid. Saya mengucapkan terimakasih kepada lembaga perlindungan perempuan dan anak yang telah melakukan upaya penanganan kasus-kasus yang ada di Kota Bandarlampung,” kata Walikota Eva Dwiana.

Kepala Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Kota Bandarlampung, Sri Asyiah, menjelaskan tujuan pelatihan ini adalah supaya lembaga yang menangani kasus itu sesuai standar dan prosedur yang ada.

“Lembaga yang menangani kasus perempuan dan anak dengan pelatihan ini makin memahami standar dan prosedur agar penanganan kasusnya semakin baik,” jelasnya.

Sementara itu, sejak Januari 2021 Dinas PPA Kota Bandarlampung menangani 10 kasus yaitu 7 kasus yang melibatkan anak-anak dan 3 perempuan.

“Kasus tersebut kami tangani sejak Januari 2021 ada yang sudah masuk ranah hukum dan bagi anak-anak kan butuh pendampingan peran ini ditangani oleh psikolog untuk memulihkan kondisi anak agar tidak trauma dan timbul percaya dirinya,” kata Sri Asyiah yang juga istri Wakil Walikota Deddy Amarullah itu.

Dandy Ibrahim

 

  • Bagikan