Pemkot Bandarlampung akan Terapkan E-Planning dan E-Budgeting

  • Bagikan
Walikota Herman HN bersama Koordinator Wilayah II Sumatera bidang Pencegahan KPK RI Adliansyah Nasution
Walikota Herman HN bersama Koordinator Wilayah II Sumatera bidang Pencegahan KPK RI Adliansyah Nasution

TERASLAMPUNG.COM — Pemerintah Kota Bandarlampung akan menggunakan sistem perencanaan secara online (e-planning) dan sistem penggaran secara online (e-budgeting) agar sistem penganggaran APBD Bandarlampung lebih transparan.

“Kami ke depan akan menggunakan e-planning dan e-budgeting, untuk itu saya sudah perintahkan staf saya untuk belajar ke Sumatera Utara paling lambat minggu depan mereka berangkat,” kata Herman HN usai menerima Kunjungan Kerja Koordinator Wilayah II Sumatera Bidang Pencegahan KPK RI, di Ruang Rapat Walikota Bandarlampung, Selasa (28/82018).

Herman HN juga menjelaskan, ke depan tempat – tempat yang memilik potensi pajak besar akan dipasangi alat yang bernama tipping box atau alat rekam.

“Nanti pengusaha tidak bisa bohong lagi, sebabakan dipasang alat rekam rekomendasi dari KPK. Tidak bisa main – main lagi. Akan ketahuan berapa yang harus dibayar oleh pengusaha itu,” kata Herman HN.

Koordinator II Sumatera Bidang Pencegahan KPK RI, Adliansyah Nasution, mengungkapkan alat tersebut merekam semua transaksi yang terjadi dipantau secara online di Dispenda bahkan bisa ketahuan jika ada pengusaha yang nakal.

“Alat tersebut dipasang di cash register mereka, jadi yang dibayar pengusaha itu real, kalo ada yang nakal mematikan alat tersebut juga ketahuan, karena transaksi hari itu bisa langsung bisa dipantau oleh Dispenda,” jelas Adliansyah Nasution.

Lebih lanjut Adliansyah Nasution kehadirannya di Bandarlampung untuk membantu meningkatkan potensi PAD di daerah ini semisal dari hotel, restoran,hiburan, reklame bahkan dari air tanah.

“Kehadiran saya di sini untuk membantu meningkatkan PAD, kalau PAD sudah meningkat kita bisa apa aja tinggal kita monitor, pembelanjaannya juga kita monitor,” ujar Adliansyah.

Dandy Ibrahim

  • Bagikan
You cannot copy content of this page